Tarif Listrik Rumah Tangga Naik Mulai 1 Juli 2022, Jadi Berapa?

- Senin, 13 Juni 2022 | 11:16 WIB
Tarif Listrik Rumah Tangga Naik Mulai 1 Juli 2022, Jadi Berapa? (pixabay/ColiN00B)
Tarif Listrik Rumah Tangga Naik Mulai 1 Juli 2022, Jadi Berapa? (pixabay/ColiN00B)

AYOCIREBON.COM -- Tarif listrik rumah tangga dan pemerintah yang termasuk golongan orang kaya atau non subsidi dengan golongan 3.500 Volt Ampere (VA) akan naik mulai 1 Juli 2022.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan PT PLN (Persero) secara resmi akan menaikkan tarif listrik untuk 'golongan orang kaya' di bulan depan.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Ketenagalistrikan) Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, penyesuaian tarif listrik golongan untuk orang kaya ini demi memberikan rasa keadilan.

Melansir Suara.com, Rida juga mengatakan alasannya karena masih ada orang kaya yang menikmati tarif listrik subsidi dari pemerintah.

Baca Juga: Makam Eril Dibuka untuk Umum, Ini Jadwal dan Doa Ziarah Kubur

"Kami dengan pak Dirut (PLN Darmawan Prasodjo) orang rumah tangga yang mewah, tidak pantaslah kalau rumah semewah itu dapat bantuan negara. Kemudian kami koreksi pada kesempatan pagi hari ini," kata Rida dalam konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta.

Untuk tahap awal ini menyebutkan khusus untuk hari ini difokuskan ke golongan yang non subsidi. Di mana yang non subsidi ada 13 golongan.

"Kita fokus pada golongan yang non subsidi diantaranya dengan pertimbangan dan rangkaian rapat koordinasi, maka kemudian kita putuskan mana yang kemudian diperlukan koreksi," katanya.

Dia menuturkan beberapa asumsi makro yang mempengaruhi kenaikan tarif listrik, diantaranya harga minyak mentah hingga batubara.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini