Covid-19 Subvarian BA4 dan BA5 Terdeteksi di Indonesia, Ahli Imunologi: Jangan Harap Virus Tidak Mutasi Lagi

- Selasa, 14 Juni 2022 | 13:11 WIB
Covid-19 Subvarian BA4 dan BA5 Terdeteksi di Indonesia, Ahli Imunologi: Jangan Harap Virus Tidak Mutasi Lagi (Pexels/cottonbro)
Covid-19 Subvarian BA4 dan BA5 Terdeteksi di Indonesia, Ahli Imunologi: Jangan Harap Virus Tidak Mutasi Lagi (Pexels/cottonbro)

AYOCIREBON.COM -- Virus Covid-19 subvarian BA4 dan BA5 terdeteksi di Indonesia, ahli Imunologi minta pemerintah dan masyarakat ketatkan kembali protokol kesehatan (prokes).

Ketua Umum Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI meminta pemerintah serta masyarakat agar wasapada dengan kemunculan Covid-19 subvarian BA4 dan BA5.

Iris Rengganis mengatakan cara pencegahan Covid-19 subvarian BA4 dan BA5 tetap sama, yakni dengan mengetatkan prokes dan menerapkan perilaku hidup bersih.

"Sebetulnya tidak berbeda dengan waktu awal-awal, tetap kita harus kembali ke protokol kesehatan ketat, rasanya sekarang sudah mau endemi padahal terjadi lagi mutasi, kita jangan mengharapkan virus tidak bermutasi lagi," ucap Iris Rengganis dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Jadwal Bioskop Cirebon CGV Hari Ini 14 Juni 2022, Jurassic World Dominion - Satria Dewa: Gatotkaca

Dia menegaskan, selama organisasi kesehatan dunia atau WHO belum mengakhiri status pandemi berubah menjadi endemi, protokol kesehatan tetap harus diterapkan.

"Sampai titik endemi itu ada dan pandemi berakhir, baru mungkin kita bisa lebih enak, saat ini kita jangan lengah, walaupun BA4 dan BA5 ini mirip omicron, penularan cepat tapi ringan, tetap kita harus waspada," tegasnya.

Sementara, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mencatat sudah ada delapan kasus Covid-19 subvarian BA4 dan BA5 di Indonesia.

Diperkirakan kasus subvarian BA4 dan BA5 ini dapat melonjak naik beberapa bulan ke depan. Hal ini karena kasus Covid 19 varian tersebut di berbagai negara belahan dunia mengalami kenaikan akhir-akhir ini.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini