Kasus Covid-19 Omicron BA4 Terkonfirmasi di Jakarta, Gus Muhaimin Minta Pemerintah Optimalkan Booster

- Rabu, 15 Juni 2022 | 11:39 WIB
Kasus Covid-19 Omicron BA4 Terkonfirmasi di Jakarta, Gus Muhaimin Minta Pemerintah Optimalkan Booster (Pexels/cottonbro)
Kasus Covid-19 Omicron BA4 Terkonfirmasi di Jakarta, Gus Muhaimin Minta Pemerintah Optimalkan Booster (Pexels/cottonbro)

AYOCIREBON.COM -- Kasus Covid-19 varian Omicron BA4 terkonfirmasi di Jakarta, Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar minta pemerintah optimalisasi vaksinasi ketiga.

Abdul Muhaimin Iskandar yang juga disapa Gus Muhaimin menilai pemerintah tidak perlu mengambil langkah ekstrem dengan membatasi aktivitas masyarakat, melainkan untuk fokus optimalisasi cakupan vaksin booster.

"Saya kira pengetatan belum dibutuhkan untuk saat ini, tapi sebaiknya pemerintah fokus vaksinasi khususnya bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi ketiga. Nah ini nyatanya belum sampai target kan," kata Gus Muhaimim seperti dikutip dari Suara.com.

Gus Muhaimin menambahkan, data klinis selama ini menyebut gejala lebih berat Covid-19 justru banyak dialami oleh masyarakat yang belum mendapatkan vaksin booster.

Baca Juga: Hukum dan Bacaan Niat Kurban di Hari Raya Idul Adha 2022 untuk Orang Tua & Orang yang Sudah Meninggal

Sebab itu, Gus Muhaimin menilai optimalisasinya sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi dampak dari varian BA4.

"Memang jumlah vaksinasi pertama dan kedua kita sudah melebihi target yang telah ditetapkan yakni 200 juta vaksinasi untuk vaksinasi ke 1 dan 168 juta untuk vaksinasi kedua, tapi yang booster belum. Padahal secara klinis mereka yang sudah booster lebih kuat imunnya," tegas Gus Muhaimin.

Di sisi lain, Gus Muhaimin juga meminta pemerintah untuk melakukan pemantauan terhadap penyebaran sekaligus memastikan varian baru tersebut tidak tersebar lebih luas.

"Kalau nanti penyebaran virus semakin meluas, kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat saya kira perlu. Tapi sebelum itu terjadi sebaiknya dicegah dari sekarang dengan vaksin booster," ujarnya.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini