Virus Omicron BA4 dan BA5 Terdeteksi, Menkes Prediksi Kasus Covid-19 di Indonesia Bakal Tembus 20 Ribu Sehari

- Kamis, 16 Juni 2022 | 11:42 WIB
Virus Omicron BA4 dan BA5 Terdeteksi, Menkes Prediksi Kasus Covid-19 di Indonesia Bakal Tembus 20 Ribu Sehari (Pexels/cottonbro)
Virus Omicron BA4 dan BA5 Terdeteksi, Menkes Prediksi Kasus Covid-19 di Indonesia Bakal Tembus 20 Ribu Sehari (Pexels/cottonbro)

AYOCIREBON.COM -- Virus Omicron BA4 dan BA5 terdeteksi di Indonesia, bahkan terkonfirmasi adanya 8 kasus Covid-19 di Indonesia yang menderita subvarian tersebut.

Adanya 8 kasus Covid-19 di Indonesia dengan gejala Omicron BA4 dan BA5 diinformasikan oleh Satgas Penanganan Covid-19 pada 14 Juni 2022.

Bahkan, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah memperkirakan kasus Covid-19 di Indonesia dapat mencapai 20.000 dalam sehari akibat munculnya Omicron BA4 dan BA5.

"Jadi kita percaya bahwa nanti akan ada kenaikan kira-kira maksimalnya mungkin 20 ribu per hari gitu, satu bulan sesudah diidentifikasi, jadi sekitar minggu ketiga atau minggu keempat Juli, dan kemudian nanti akan turun kembali," kata Budi di Istana Kepresidenan Bogor seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Dramatis! Seorang Ibu di Cirebon Lahirkan Anak di Dalam Taksi Online

Perkiraan ini, lanjut Budi, berdasar pada puncak lonjakan Covid-19 akibat subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Afrika Selatan yang hanya sepertiga dari puncak gelombang varian Delta.

Meski begitu, Budi memastikan tingkat kematian akibat varian baru ini sangat rendah alias masih bisa disembuhkan, terlebih masyarakat Indonesia sudah banyak yang divaksin dan memiliki kekebalan alami karena sudah pernah terinfeksi Covid-19.

"Nah tetapi yang kita perlu lihat adalah bahwa fatality ratenya atau kematiannya itu jauh lebih rendah mungkin 1/12 atau 1/10 dari Delta dan Omicron," ucapnya.

Baca Juga: Aksi Gagah Berani Ojol Bubarkan Tawuran Pelajar Bersenjata Pakai Galah dan Bendera Partai

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini