Demo saat Ulang Tahun Jokowi, Pengunjuk Rasa Pakai Baju Calon Tahanan 001 RKUHP

- Selasa, 21 Juni 2022 | 17:45 WIB
Demo saat Ulang Tahun Jokowi, Pengunjuk Rasa Pakai Baju Tahanan Calon Tahanan 001 RKHUP (Suara.com)
Demo saat Ulang Tahun Jokowi, Pengunjuk Rasa Pakai Baju Tahanan Calon Tahanan 001 RKHUP (Suara.com)

AYOCIREBON.COM - Sekelompok massa melakukan demosntrasi bertepatan dengan hari ulang tahun Presiden Jokowi ke 61 di Jakarta, Selasa, 21 Juni 2022.

Disitat dari Suara.com, elemen yang tergabung Aliansi Nasional Reformasi KUHP berunjuk rasa mendesak dibukanya naskah Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Dalam aksi tersebut, ada peserta aksi yang mengenakan baju mirip yang dikenakan tahanan.

Baca Juga: DPR Godok RUU KIA: Bahas Cuti Hamil 6 Bulan, Suami 40 Hari

Demonstrasi menyoroti sejumlah pasal yang berpotensi mempidanakan masyarakat sipil salah satunya Pasal 273 RKUHP memuat ancaman pidana penjara atau pidana denda bagi penyelenggara pawai, unjuk rasa, atau demonstrasi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu yang mengakibatkan terganggunya kepentingan umum, menimbulkan keonaran, atau huru-hara.

"Pasal 273 RKUHP menyiratkan bahwa masyarakat memerlukan izin dalam melakukan penyampaian pendapat di muka umum agar terhindar dari ancaman pidana," tulis Aliansi Mahasiswa dalam keterangan tertulisnya.

Dikatakan, hal itu bertolak belakang dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum, yang hanya mewajibkan pemberitahuan atas kegiatan penyampaian pendapat di muka umum dan menjatuhkan sanksi administratif berupa pembubaran sekiranya ketentuan tersebut tidak terpenuhi.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Kementerian Ogah Beli Produk Lokal, Spek Gak Pas dan Kualitas Kurang Oke

"Tak hanya itu, Pasal 273 RKUHP pun memuat unsur karet tanpa batasan konkret, yakni 'kepentingan umum,' yang rentan disalahgunakan untuk mengekang kebebasan masyarakat dalam menyampaikan pendapat di muka umum," jelas mereka.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini