9 Pejabat Bea Cukai dan Kemendag Diperiksa terkait Dugaan Korupsi Impor Baja

- Kamis, 23 Juni 2022 | 13:00 WIB
9 Pejabat Bea Cukai dan Kemendag Diperiksa terkait Dugaan Korupsi Impor Baja (kejaksaan.go.id)
9 Pejabat Bea Cukai dan Kemendag Diperiksa terkait Dugaan Korupsi Impor Baja (kejaksaan.go.id)

AYOCIREBON.COM - Kejakgung periksa 6 pejabat Bea Cukai Kemenkeu serta 3 petinggi pada Kemendag pada lanjutan penyidikan dugaan korupsi hadiah izin impor baja dan besi.

Disadur dari Republika, Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung, Ketut Sumedana mengatakan, mereka yang diperiksa di antaranya yaitu GES, B, STH, HS, S, DTW, MS, MA, dan RFDT.

GES, B, STH, HS, S, dan DTW adalah saksi yang diperiksa dari Bea Cukai.

Baca Juga: Sinyal Kuat Koalisi PKS - NasDem, Siapa Diusung di Pilpres 2024?

"Mereka diperiksa untuk pembuktian tersangka perorangan dalam dugaan tindak pidana impor baja dan besi, serta produk turunannya di Kementerian Perdagangan,” kata Ketut, Selasa, 21 Juni 2022.

Sementara MS, MA, dan RFDT adalah saksi dari Kementerian Perdagangan yang diperiksa untuk pembuktian tersangka korporasi. Saksi GES adalah Galih Elham Setiawan selaku Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2) Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Tipe A di Tanjung Priok, Jakarta.

Kata Ketut, tim penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) memeriksa GES terkait pengawasan border dan post border atas impor baja dan besi di Tanjung Priok periode 2020-2021.

Baca Juga: Demo saat Ulang Tahun Jokowi, Pengunjuk Rasa Pakai Baju Calon Tahanan 001 RKHUP

Saksi B adalah Bakhroni yang diperiksa selaku Kepala Balai Laboratorium Bea Cukai Kelas-II Surabaya, Jawa Timur. Pemeriksaan B untuk mengetahui kualitas dan hasil pengujian baja dan besi impor milik PT Prasasti Metal Utama. STH adalah Sigit Tri Hatmoko selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan pada KPP Bea Cukai di Belawan, Sumatera Utara.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini