ANIES - AHY Disebut jadi Perekat NasDem - PKS - Demokrat Hadapi Pilpres 2024

- Jumat, 24 Juni 2022 | 13:00 WIB
ANIES - AHY Disebut jadi Perekat NasDem - PKS - Demokrat Hadapi Pilpres 2024 (Instagram @agusyudhoyono)
ANIES - AHY Disebut jadi Perekat NasDem - PKS - Demokrat Hadapi Pilpres 2024 (Instagram @agusyudhoyono)

AYOCIREBON.COM - Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan koalisi Partai Nasdem - PKS - Demokrat semakin mantap memperkuat komunikasi politiknya untuk menghadapi Pilkada 2024.

“Pasca-rakernas Partai Nasdem lalu, komunikasi politik dari ketiga partai politik bisa dikatakan sudah mengalami kemajuan untuk segera mencapai kesepahaman mengenai siapa akan diusung dalam pemilihan presiden 2024 mendatang,” kata Bawono, Kamis, 23 Juni 2022, disitat dari Republika.

Baca Juga: 3 Kali Dikunjungi AHY, Partai NasDem Bilang Lebih Romantis dengan Demokrat

Dari sisi calon presiden yang potensial, Anies Baswedan menilai pasangan Anies Baswedan dan AHY adalah pilihan yang paling memungkinkan bagi ketiga partai tersebut.

pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, mengatakan pertemuan antara petinggi PKS dan pimpinan Partai Nasdem Surya Paloh menunjukkan upaya untuk membentuk koalisi antara kedua partai.

"Indikasi ke arah itu sangat besar mengingat akar rumput kedua tersebut mayoritas menginginkan Anies Baswedan menjadi capres. Faktor Anies akan menjadi pendorong kedua partai tersebut berkoalisi," katanya pada Rabu, 22 Juni 2022.

Baca Juga: Sinyal Kuat Koalisi PKS - NasDem, Siapa Diusung di Pilpres 2024?

Faktor Anies juga yang menjadi magnet bagi AHY dan SBY menyambangi Surya Paloh beberapa waktu lalu. Partai Demokrat terkesan ingin bersama Partai Nasdem mengusung Anies pada Pilpres 2024.

"Jadi, ada indikasi Partai Nasdem, PKS dan Partai Demokrat akan berkoalisi untuk mengusung Anies. Tiga partai ini setidaknya sudah memiliki kesamaan tentang capres yang akan diusung," kata dia.

 

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini