Pengakuan Orang Perusahaan: Cuti Hamil 6 Bulan Genjot Produktivitas Pekerja Perempuan

- Senin, 27 Juni 2022 | 09:40 WIB
Pengakuan Orang Perusahaan: Cuti Hamil 6 Bulan Genjot Produktivitas Pekerja Perempuan (Freepik)
Pengakuan Orang Perusahaan: Cuti Hamil 6 Bulan Genjot Produktivitas Pekerja Perempuan (Freepik)

AYOCIREBON.COM - Pro kontra RUU KIA yang merupakan salah satu usulan DPR untuk memperpanjang cuti melahirkan 6 bulan belum surut.

Sebagian besar dokter dan pemerhati kesehatan setuju dengan RUU KIA yang digagas DPR. Namun, ia juga memiliki kelemahan karena takut bahwa undang-undang tersebut dapat membatasi kesempatan kerja perempuan di industri.

Baca Juga: Pro Kontra Wacana Cuti Hamil 6 Bulan, Berimbas ke Gender Equality di Tempat Kerja?

Tapi, Communications Danone Indonesia, Arif Mujahidin mengungkapkan fakta menarik bahwa perusahaan tempat dia bekerja 5 tahun memiliki kebijakan cuti hamil 6 bulan.

"Ini kita buat karena melihat cuti 3 bulan kok banyak karyawan kita yang baru ambil cuti saat baru mepet waktu melahirkan, hanya demi berlama-lama dengan anaknya sudah lahir nanti. Jadilah diberikan peluang cuti hamil dan melahirkan 6 bulan," ujar Arif kepada Suara.com beberapa waktu lalu di Gondangdia, Jakarta Pusat.

Dia membantah bahwa pemberian cuti 6 bulan akan memengaruhi sistem rekrutmen yang hanya berfokus pada kandidat pria. Perusahaan tempat ia bekerja dirancang untuk memilih karyawan tanpa memandang jenis kelamin.

Baca Juga: 10 NEGARA dengan Cuti Hamil Terlama di Dunia, Dibayar 30 Persen hingga Gaji Penuh!

"Kebanyakan perempuan malah di kantor pusat, jadi kita equal recruitment nggak ada memandang gender di kantor. Malah di senior leadership di kita banyak perempuan malah. Kita nggak melihat latar belakang kelamin atau agama, yang penting dia bisa melakukan pekerjaannya," ungkap Arif.

Bahkan, menurutnya para karyawan wanita yang baru merampungkan cuti melahirkan mempunyai produktivitas lebih tinggi lantaran telah relatif beristirahat dan menemani anak, bahkan mampu menaruh ASI tertentu selama 6 bulan.

 

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo Putri Chandrawathi Resmi Ditahan

Jumat, 30 September 2022 | 20:52 WIB

Sah! Jokowi Teken Keppres Pemecatan Ferdy Sambo

Jumat, 30 September 2022 | 14:05 WIB