Lima Planet Sejajar dapat Diamati oleh Mata Telanjang Hari Ini Jadi Fenomena Langit Langka 20 Tahun Sekali

- Jumat, 24 Juni 2022 | 06:31 WIB
Ilustrasi Lima Planet Sejajar dapat Diamati oleh Mata Telanjang Hari Ini Jadi Fenomena Langit Langka 20 Tahun Sekali (Pexels/Hikari)
Ilustrasi Lima Planet Sejajar dapat Diamati oleh Mata Telanjang Hari Ini Jadi Fenomena Langit Langka 20 Tahun Sekali (Pexels/Hikari)

AYOCIREBON.COM -- Fenomena langit langka di mana lima planet sejajar dapat dilihat dari Bumi dengan mata telanjang akan terjadi pada hari ini.

Pengamat langit menemukan lima planet terdekat dengan Bumi yakni Merkurius, Venus, Jupiter, dan Saturnus akan berada dalam garis sejajar.

Fenomena langit langka di mana beberapa planet sejajar di angkasa disebut juga sebagai konjungsi, yaitu ketika planet lain terlihat dekat dari Bumi.

Konjungsi beberapa planet memang cukup umum, namun kelima planet tersebut yang berbaris hanya dapat terjadi setiap dua dekade atau 20 tahun sekali.

Baca Juga: Loker Cirebon: Lowongan Kerja Marketing Staff di CV Vertex Media Tama, Intip Persyaratan di Sini

Melansir Suara.com, fenomena langit langka di mana lima planet sejajar terjadi pada Desember 2004. Peristiwa konjungsi seperti ini tidak akan terjadi lagi sampai 2040.

Pengamat di Bumi dapat melihat kelima planet tersebut sekitar 30 menit sebelum Matahari terbit. Jika ingin melihat detail planet lebih jelas, pengamat harus menggunakan bantuan teleskop atau teropong langit.

Dalam pandangan mata telanjang, kelima planet itu akan tampak seperti bintang yang bersinar dan tidak berkelap-kelip. Syarat lainnya agar bisa melihat planet adalah lokasi yang bebas dari polusi cahaya dan langit cerah.

Baca Juga: Desain Makam Eril Dibuat oleh Ridwan Kamil di Sebelah Masjid Megah dan Aliran Sungai, Seperti ini Indahnya

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tjahjo Kumolo Berpulang, PDIP Berduka

Jumat, 1 Juli 2022 | 14:04 WIB

Perlukah Ganja Medis Dilegalkan di Indonesia?

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:52 WIB