Holywings Dipolisikan, Bisa Dijerat UU ITE

- Jumat, 24 Juni 2022 | 17:45 WIB
Ilustrasi Holywings  (Dok Satpol PP Kota Bogor)
Ilustrasi Holywings (Dok Satpol PP Kota Bogor)

AYOCIREBON.COM - Holywings Indonesia resmi dipolisikan lantaran unggahan promo kontroversial minuman beralkohol untuk calon pelanggan bernama Muhammad dan Maria. Pengamat menyebut Holywings bisa dijerat UU ITE.

Pengamat Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, menilai Holywings bisa dituntut berdasarkan UU ITE karena iklan minuman bernama Muhammad dan Maria yang diunggah melalui media sosial. Selain itu, mereka menyalahkan tim promosi.

Baca Juga: Holywings Unggah Promo MINUMAN BERALKOHOL untuk yang Bernama MUHAMMAD, Langsung Dihapus!

"Iya, bisa dijerat pakai UU ITE, apalagi medianya menggunakan media sosial dan jejak digital itu sulit dihilangkan," katanya saat dihubungi Republika, Jumat, 24 Juni 2022.

Postingan yang ditarik dinilai sudah cukup lama, sehingga tidak ada alasan untuk mengalihkan tanggung jawab ke tim promosi. "Jelas hal ini harus ditindak secara tegas melalui hukum ya agar tidak terjadi lagi," ujar dia.

Baca Juga: Promo Kontroversial Holywings, Kok Bisa Kesalahan Tim Promosi?

Holywings sebelumnya meminta maaf karena mengunggah ke akun Instagram yang mempromosikan produk minuman beralkohol. Mereka memberikan promo gratis alkohol kepada calon pelanggan bernama Muhammad dan Maria.

Laporan polisi atas Holywings Indonesia salah satunya dilontarkan Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI). Polisi mengonfirmasi laporan sudah teregister dengan nomor STTLP/B/3135/VI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Baca Juga: Buntut Promo MUHAMMAD dan MARIA, Holywings Dipolisikan!

Promo Muhammad dan Maria Holywings yang viral dan kontroversial ini pertama kali diunggah pada 12 Juni 2022. Beberapa saat kemudian, promo Instastory pun dihapus.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo Putri Chandrawathi Resmi Ditahan

Jumat, 30 September 2022 | 20:52 WIB

Sah! Jokowi Teken Keppres Pemecatan Ferdy Sambo

Jumat, 30 September 2022 | 14:05 WIB