Wacana Legalisasi Ganja untuk Keperluan Medis, Begini Respons Anggota DPR

- Kamis, 30 Juni 2022 | 15:18 WIB
Ilustrasi (Pexels/Michael Fischer)
Ilustrasi (Pexels/Michael Fischer)

AYOCIREBON.COM -- Wacana legalisasi ganja demi kepentingan medis ramai diperbincangkan. Namun, Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo mengingatkan wacana tersebut harus disikapi dengan hati-hati.

Berdasarkan keterangan resmi di dpr.go.id, menurut Rahmad, perlu ada kajian yang lebih komprehensif dan melibatkan ahli yang terkait dengan itu.

Tidak hanya mengkaji Rahmad, Rahmad melanjutkan, kajian mengenai obat alternatif yang memiliki manfaat yang sama dengan ganja juga harus dikaji.

 Baca Juga: 4 Amalan di Bulan Dzulhijjah yang Dapat Dilakukan Umat Muslim Menjelang Idul Adha 1443 Hijriah

“Terutama masukan dari dunia medis, tidak adakah obat medis di luar pemanfaatan ganja untuk penyakit tertentu. Bila tidak ada, kemungkinan opsi medis masuk akal," ucapnyanya, Rabu, 29 Juni 2022.

Menurut politisi PDI-Perjuangan tersebut, hingga saat ini penggunaan ganja untuk kepentingan medis maish dilarang undang-undang.

Nantinya, jika kajian menyatakan ganja benar-benar aman, baginya tetap harus ada pengawasan ketat sebagai upaya mencegah terjadi penyalahgunaan.

Rahmad mewanti-wanti jangan sampai setelah dilegalkan justru penanaman makin marak terjadi karena nilai ekonominya yang tinggi.

“Ganja 'kan nilai ekonominya tinggi, bisa jadi banyak orang yang mendadak jadi petani ganja. Tidak ada lagi petani yang nyawah, tidak ada yang menanam sayuran, dan buah-buahan,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini