Link Petisi Selamatkan UMKM Sebagai Protes Mahalnya Harga Makanan di Go Food dan Grab Food

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 19:18 WIB
Link Petisi Selamatkan UMKM Sebagai Protes Mahalnya Harga Makanan di Go Food dan Grab Food (Pexels/Rachel Claire)
Link Petisi Selamatkan UMKM Sebagai Protes Mahalnya Harga Makanan di Go Food dan Grab Food (Pexels/Rachel Claire)

AYOCIREBON.COM -- Beredar petisi Selamatkan UMKM di media sosial sebagai bentuk protes akibat semakin melejitnya harga makanan di food platfor seperti Go Food dan Grab Food.

Adapun petisi Selamatkan UMKM ini dibaut lewat laman change.org yang telah mendapatkan lebih dari 9.400 tanda tangan.

Sementara itu, petisi Selamatkan UMKM berisi mengenai komisi yang diterapkan untuk harga makanan di food platform/marketplace yang cukup besar, yakni 20 persen per transaksi dari pricelist.

Baca Juga: Loker Cirebon: Lowongan Kerja Jadi Driver di Taruna Tiga Bintang Furniture Cirebon untuk 2 Orang

Besaran komisi tersebut diduga menyebabkan setiap Merchant terpaksa menaikan harga cukup tinggi agar menjaga keuntungan, komisi dan diskon.

"Yang paling tidak masuk akal adalah komisi 20% terhadap pricelist, jika produk kita turunkan melalui discount, komisi tetap terhadap pricelist. Padahal platform/marketplace barang hanya dibebankan komisi berkisar 3%, lagi pula setiap plaform sdh mendapatkan keuntungan dari delivery," tulis Aloysius Efraim sebagai pembuat petisi.

Bukan hanya itu, dalam petisi Selamatkan UMKM dituliskan jika penetapan komisi belum ada aturannya sehingga pemilik platform dengan seenaknya menentukan nilai komisi dan dasar perhitungan yg mencekik merchant terutama UMKM.

Baca Juga: 8 Tips Berhenti Jadi Orang Tidak Enakan atau People Pleaser

"Maka petisi ini akan menyelamatkan UMKM dari kebangkrutannya," pungkas Aloysius Efraim pada petisi berjudul Selamatkan UMKM dengan Batasi Komisi Food Platform Online Maksimum 3%.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini