Bawa Misi Adukan Nasib Korban Semeru, 3 Pria Asal Lumajang Jalan Kaki ke Jakarta

- Senin, 4 Juli 2022 | 18:51 WIB
Tiga pria asal Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, saat melintas di Cirebon, Jawa Barat, untuk menuju Istana Negara, Jakarta. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)
Tiga pria asal Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, saat melintas di Cirebon, Jawa Barat, untuk menuju Istana Negara, Jakarta. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)

ASTANAJAPURA, AYOCIREBON.COM— Langkah kaki 3 pria asal Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tidak terhentikan.

Meski sudah termakan usia, Supangat (52), Masbud (36), dan Nur Kholik (40), menapaki jengkal demi jengkal jalan menuju Istana Presiden di Jakarta.

Ketiganya sengaja berjalan kaki menempuh jarak sekitar 930 km, dari Kabupaten Lumajang ke DKI Jakarta, untuk menemui Presiden RI, Joko Widodo.

Bukan hanya meminta keadilan, Supangat ingin pemerintah memperhatikan masyarakat yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru hingga menimbun rumah di 2 Dusun Kamar Kajang dan Kampung Rentang di Desa Sumberwuluh.

Mereka memulai aksi dari Kabupaten Lumajang pada 21 Juni 2022 dan sampai di Cirebon, 3 Juli 2022, atau sekitar 13 hari perjalanan.

"Permasalahannya adalah di tengah aliran sungai dibuat tanggul oleh salah satu perusahaan swasta pada 2018. Tanggul tersebut awalnya masih bisa dilalui oleh lahar dingin yang keluar dari Gunung Semeru," kata Supangat, Senin 4 Juli 2022

Namun, seiring berjalannya waktu tanggul itu menutup aliran Kali Regoyo.

Tingginya kini menyamai tanggul yang dibuat semasa kepemimpinan Presiden RI pertama, Ir Soekarno pada 1977, yang berada pada kedua sisi Kali Regoyo.

"Tanggul yang dibuat Soekarno gunanya untuk melindungi warga dari dampak erupsi lahar dingin maupun lahar panas Gunung Semeru, tapi justru tanggul baru itu sama tingginya hingga membuat tanggul lama di sisi kanan tidak dapat menampung debit lahar dingin. Tanggul lama akhirnya jebol menenggelamkan ratusan rumah warga," bebernya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini