Marak Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak, Satgas: Pemerintah Upayakan Vaksin PMK Lokal

- Rabu, 20 Juli 2022 | 13:19 WIB
Marak Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak, Satgas: Pemerintah Upayakan Vaksin PMK Lokal (Pexels/ulleo)
Marak Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak, Satgas: Pemerintah Upayakan Vaksin PMK Lokal (Pexels/ulleo)

AYOCIREBON.COM -- Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) belakangan ini menghantui hewan ternak di Indonesia dengan karakteristik hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, kuda, kambing, domba, keledai, dan babi.

Penyakit Mulut dan Kuku disebabkan oleh virus tipe A dari keluarga Picornaviridae genus Apthovirus yang menjangkit hewan ternak dan dapat menular.

Maraknya Penyakit Mulut dan Kuku di Indonesia, pemerintah akan produksi vaksin PMK lokal atau dalam negeri berdasarkan serotipe virus yang beredar di tanah air.

Baca Juga: Viral Video Kepala Sekolah SD Wonosobo Berduaan Bareng Perempuan di WC: Pintu Dikunci, Keluarnya Lama

Rencana pengembangan vaksin PMK lokal ini dibocorkan Koordinator Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) Wiku Adisasmito.

"Pemerintah mulai mengupayakan pengembangan vaksin PMK lokal, sambil mengadakan vaksin PMK dari luar negeri yang sesuai dengan serotype virus di dalam negeri," kata Wiku seperti dikutip dari Suara.com.

Sebelum Penyakit Mulut dan Kuku menjangkit hewan ternak, Indonesia telah memiliki kemampuan memproduksi vaksin untuk penyakit hewan seperti Avian influenza dan Anthrax Newcastle disease serta Gumboro.

Baca Juga: Ternyata Bayar PBB Sangat Mudah, Cukup Lewat Handphone dan Tak Perlu Antre

"Kemampuan memproduksi vaksin untuk menangani wabah penyakit hewan tengah diarahkan untuk dapat memproduksi vaksin PMK lokal yang kembali muncul setelah 32 tahun Indonesia dinyatakan bebas PMK," sambungnya ketika konferensi pers daring di Jakarta pada Selasa, 19 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini