Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Naik Jadi Rp 3,75 Juta, Ribuan Wisatawan Batalkan Kunjungan ke Labuan Bajo

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 11:46 WIB
Keindahan Pulau Komodo (Pixabay/Marvel Adilah )
Keindahan Pulau Komodo (Pixabay/Marvel Adilah )

AYOCIREBON.COM -- Kebijakan untuk harga tiket masuk Pulau Komodo naik jadi Rp3,75 juta mengundang pro dan kontra hingga kabarnya ribuan wisatawan membatalkan kunjungan mereka.

Kabar kenaikan harga tiket masuk Pulau Komodo telah ditegaskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno.

Melansir Suara.com, Sandiaga Uno membeberkan alasan harga tiket masuk Pulau Komodo naik demi aspek konservasi lingkungan di Pulau Komodo dan Pulau Pedar.

Baca Juga: Download KKN di Desa Penari (2022) FULL MOVIE Uncut Version 720p High Speed Kualitas HD Gratis

Menurut Sandiaga Uno, faktor ekonomi tidak berarti jika konservasi lingkungan lantas tidak diperhatikan. Adapun harga tiket masuk Pulau Komodo naik per 1 Agustus 2022.

Sebelumnya, harga tiket masuk Taman Nasional Komodo sebesar Rp150.000 per kunjungan kemudian naik menjadi Rp3,75 juta dan berlaku setahun penuh.

Kenaikan harga tiket masuk ini berlaku untuk kunjungan ke Pulau Komodo dan Pulau Pedar, sementara itu tarif ke Pulai Rinca masih sama.

Bayar Jutaan Dapat Apa?

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur, Sony Zet Libing dalam siaran pers menyebut, biaya tiket seharga jutaan tersebut digunakan untuk biaya konservasi, pemberdayaan lokal, biaya peningkatan kemampuan, monitoring dan pengamanan hingga pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia para wisatawan.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini