Jadwal Puasa Tasua 2022 Dilengkapi Bacaan Niat dan Tata Cara Mengerjakannya

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:34 WIB
Jadwal Puasa Tasua 2022 Dilengkapi Bacaan Niat dan Tata Cara Mengerjakannya (Freepik)
Jadwal Puasa Tasua 2022 Dilengkapi Bacaan Niat dan Tata Cara Mengerjakannya (Freepik)

AYOCIREBON.COM -- Puasa Tasua merupakan amalan Puasa Muharram yang dapat dikerjakan umat muslim berdampingan dengan pelaksanaan puasa Asyura.

Pelaksanaan puasa Tasyua tidak jauh berbeda dengan puasa Asyura, hanya saja puasa sunnah ini dapat dilaksanakan dengan bacaan niat dan di tanggal yang berbeda.

Pengerjaan puasa Tasua yaitu setiap tanggal 9 Muharram, sementara itu puasa Asyura biasa dilaksanakan pada hari ke-10 Muharram.

Lantas bagaimana bacaan niat dan kapan jadwal melaksanakan puasa Tasyua di tahun ini? Bagaimana pula tata cara mengerjakan Puasa Muharram tersebut?

Baca Juga: Niat Puasa Tasua di Bulan Muharram dalam Tulisan Latin dan Terjemahan

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan suci dalam Islam, di mana yang lainnya adalah bulan Zulkaidah, Zulhijah, dan Rajab.

Itu sebabnya di bulan Muharram ini umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah yang salah satunya adalah puasa Muharram.

Melansir laman NU Online, Puasa Muharram adalah puasa sunah yang dilakukan di bulan Muharram, bahkan lebih utama dari puasa Syaban yang sering dikerjakan Nabi Muhammad SAW. 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعدَ الفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ. (رواه مسلم)

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini