Menuju Pemilu 2024 : Isu Representasi Tokoh Luar Pulau Jawa Mencuat, Tito Karnavian dan Edy Rahmayadi Dilirik

- Senin, 8 Agustus 2022 | 16:29 WIB
Kolase Edy Rahmayadi (kiri) dan Tito Karnavian (kanan). (Instagram @edy_rahmayadi / @titokarnavian)
Kolase Edy Rahmayadi (kiri) dan Tito Karnavian (kanan). (Instagram @edy_rahmayadi / @titokarnavian)

AYOCIREBON.COM- Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian dan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menjadi 2 tokoh yang dilirik Poros Luar Pulau Jawa Bersatu (Poros LPJB) untuk berkontestasi dalam Pemilu 2024.

Poros LPJB sendiri menjadi kelompok yang mengusung agenda politik representasi Jawa - Luar Jawa.

Dengan agendanya itu, Poros LPJB mencuatkan isu kehadiran tokoh - tokoh dari luar Pulau Jawa untuk bersaing dengan tokoh lain dari Pulau Jawa dalam Pemilu 2024.

Baik Tito Karnavian dan Edy Rahmayadi dinilai merepresentasikan sosok dari luar Pulau Jawa yang layak berkontestasi sebagai RI 2 pada Pemilu 2024.

Melalui siaran pers yang diterima Ayo Cirebon, Tito Karnavian dan Edy Rahmayadi diklaim menjadi 2 nama paling menonjol dari 10 nama tokoh lain yang beroleh atensi Poros LPJB.

"Ke - 2 tokoh itu memiliki kapasitas yang setara dengan tokoh luar Jawa lainnya, seperti Erik Tohir, Rahmat Gobel, Sandiaga Uno, Zulkifli Hasan, Sri Mulyani, Tuan Guru Bajang, Andi Amran Sulaiman, Syahrul Yasin Limpo, dan beberapa tokoh lain yang sedang digodok Presidium dan Dewan Kerja Nasional (DKN) Poros LPJB untuk didorong RI 2 bersanding dengan salah seorang putra terbaik asal Pulau Jawa untuk Indonesia 2024," kata Ketua Presidium Poros LPJB, Andi Jamaro Dulung.

Menurutnya, kapasitas tokoh luar Pulau Jawa tak boleh diabaikan sebab Indonesia terbangun dari representasi kekuatan itu.

Dalam hal ini, Edy Rahmayadi dan Tito Karnavian dinilai sosok pekerja keras dan mampu memperlihatkan kapasitas kepemimpinannya.

Mantan Ketua PBNU era Hasyim Muzadi ini pun mengaku, Poros LPJB merasa berkepentingan mendorong representasi kekuatan luar Pulau Jawa untuk berkontestasi dalam Pemilu 2024.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini