4 Perbedaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Tulis Tangan Soekarno dengan Ketikan Sayuti Melik

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:01 WIB
Teks Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Ketikan yang ditandatangani oleh Soekarno dan Mohammad Hatta (dok. Kemdikbud)
Teks Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Ketikan yang ditandatangani oleh Soekarno dan Mohammad Hatta (dok. Kemdikbud)

AYOCIREBON.COM -- Simak perbedaan isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno dengan hasil ketikan Sayuti Melik.

Teks Proklamasi merupakan naskah kemerdekaan Indonesia yang dibaca oleh Ir. Soekarno pada 17 Agustus 194 di halaman rumahnya, Jalan Pegangsaan Timur No. 56.

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditulis secara langsung oleh Ir. Soekarno dengan sumbangan pemikiran dari Moh. Hatta dan Ahmad Subardjo.

Kalimat pertama dari teks proklamasi merupakan saran Ahmad Subardjo sedangkan kalimat terakhir merupakan sumbangan dari Moh. Hatta.

Baca Juga: 7 Artis Lahir 17 Agustus, Simak Profilnya dan Ramalan Zodiak Hari Ini Khusus Leo!

Kalimat pertama berisi pernyataan kehendak Bangsa Indonesia untuk merdeka, dan kalimat kedua berisi pernyataan mengenai pemindahan kekuasaan.

Pada pukul 04.00 WIB, Ir. Soekarno membacakan hasil rumusan tersebut. Akhirnya, seluruh tokoh yang hadir pada saat itu menyetujui secara bulat konsep proklamasi tersebut.

Permasalahan muncul mengenai siapa yang harus menandatangani teks proklamasi tersebut. Hatta mengusulkan agar teks proklamasi itu ditandatangani oleh seluruh yang hadir sebagai wakil bangsa Indonesia.

Sukarni dari golongan muda mengajukan usul bahwa teks proklamasi tidak perlu ditandatangani oleh semua yang hadir, tetapi cukup oleh Soekarno dan Hatta saja atas nama bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini