5 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia Jadul yang Rilis Mulai dari Tahun 1950, Cocok Ditonton hingga Kini

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 22:14 WIB
5 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia Jadul  (Freepik)
5 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia Jadul (Freepik)

AYOCIREBON.COM -- Film tentang kemerdekaan dan perjuangan bangsa Indonesia dari penjajagan telah ada bahkan sejak tahun 1950.

Di momen HUT RI ke-77 tahun, film tentang kemerdekaan Indonesia cocok untuk disaksikan dan memetik banyak pelajaran dari para pejuang.

Selain itu, dengan menonton film tentang kemerdekaan Indonesia dapat mengingat kembali sejarah dan heroisme dalam merebut kemerdekan dan mempertahankannya.

Adapun film tentang kemerdekaan Indonesia jadul yang telah dirilis mulai dari tahun 1950 melansir dari laman NU Online di antaranya sebagai berikut. 

Baca Juga: Link Download Logo HUT RI ke-77 2022 Resmi PNG - Vektor - JPEG Free High Resolution

1. Darah dan Doa atau The Long March (1950)

Darah dan Doa yang juga dikenal dengan judul The Long March merupakan film Indonesia pertama yang diproduksi setelah kemerdekaan.

Hari pertama film tersebut melakukan syuting yaitu 30 Maret sebagai Hari Film Nasional. Film Darah dan Doa disutradarai oleh Usmar Ismail, dan diproduksi oleh Pusat Film Nasional Indonesia (Perfini).

Film ini berlatar belakang Perang Kemerdekaan Indonesia, yaitu Long March (Kembalinya) Divisi Siliwangi dari Yogyakarta ke Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini