Ramai Pertalite Lebih Boros, Pakar ITB Sebut Beda Warna Pertalite Tak Pengaruhi Kualitas

- Selasa, 27 September 2022 | 19:00 WIB
Ramai Pertalite Lebih Boros, Pakar ITB Sebut Beda Warna Pertalite Tak Pengaruhi Kualitas (Suara.com)
Ramai Pertalite Lebih Boros, Pakar ITB Sebut Beda Warna Pertalite Tak Pengaruhi Kualitas (Suara.com)

AYOCIREBON.COM - Ramai Pertalite Pertamina lebih boros, pakar ITB sebut beda warna Pertalite Tak pengaruhi kualitas BBM.

Disitat dari Suara.com, Pakar Mesin Institut Teknologi Bandung Iman Kartolaksono mengatakan perubahan warna pada Pertalite yang belakangan ini menuai sorotan dari masyarakat sama sekali tidak mempengaruhi kualitasnya.

“Pewarna itu tidak ada pengaruhnya (terhadap kualitas BBM). Jika saat ini banyak masyarakat menilai bahwa Pertalite lebih boros, maka penilaian tersebut juga bersifat subjektif,” jelas Iman Kartolaksono, Selasa, 27 September 2022.

Baca Juga: Viral Pertalite jadi Lebih Boros, YouTuber Penghobi Otomotif Bongkar Konsumsi BBM Cuma 6,65 KM Per Liter

Dia menilai informasi mengenai kualitas Pertalite yang menurun dan lebih boros, tidak bisa dijadikan rujukan dan harus ada riset laboratorium.

“Tidak bisa menilai kualitas BBM hanya dari kebiasaan sehari-hari, karena penilaian tersebut tidak terkontrol,” ujarnya.

Iman memaparkan, pengujian itu sendiri harus dilakukan apple to apple, yaitu antara Pertalite lama (sebelum BBM subsidi naik) dan Pertalite saat ini.

Demikian juga dengan kondisi, rute, jam pengujian, termasuk jenis kendaraan yang dilakukan untuk menguji, juga harus sama.

Dia menyebut, jika ada satu hal saja yang berbeda, tentu berpengaruh terhadap pengujian. Misalnya beda rute, meski dilakukan oleh kendaraan yang sama, tentu akan memberikan hasil yang berbeda, nilai pembakarannya berbeda-beda.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini