Total Ada 222 Kabupaten dan Kota yang Siaran TV Analognya Disuntik Mati, Tersisa 292 Daerah

- Kamis, 3 November 2022 | 12:59 WIB
Total Ada 222 Kabupaten dan Kota yang Siaran TV Analognya Disuntik Mati, Tersisa 292 Daerah
Total Ada 222 Kabupaten dan Kota yang Siaran TV Analognya Disuntik Mati, Tersisa 292 Daerah

AYOCIREBON.COM-- Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menyatakan ada 222 kabupaten kota yang siaran tv analognya dimatikan dan diganti siaran TV digital, sisanya 292 daerah akan dilakukan secara bertahap.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) telah menghentikan siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) di wilayah Jabodetabek dan sejumlah daerah per Rabu (2/11/2022) pukul 24.00 WIB.

"Dengan demikian ada 222 kabupaten kota yang total ASO dan masih terdapat 292 kabupaten kota yang akan kami lakukan ASO sesuai kesiapan-kesiapan wilayah," kata Johnny dilansir dari situs resmi Kominfo, Kami 3 November 2022.

Baca Juga: Daftar 22 Daerah di Jawa Barat yang Siaran Analog TV-nya di Suntik Mati

Baca Juga: Jam Berapa TV Analog akan Dimatikan? Ini Daftar Wilayah yang Harus Ganti TV Digital

Penghentian siaran televisi analog secara resmi ditandai oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate yang menempelkan tangan ke layar sentuh diikuti hitung mundur.


Selanjutnya, siaran televisi yang dinikmati masyarakat adalah siaran digital. Wilayah yang tidak akan bisa lagi menikmati siaran TV analog di antaranya 14 kabupaten dan kota di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta 173 kabupaten kota non-terrestrial service atau tidak ada layanan televisi terestrial.

Sementara itu dilansir dari Republika, sebelum menghitung mundur penghentian siaran TV Analog, Mahfud dan Johnny lebih dahulu melakukan dialog dengan sejumlah stasiun televisi mengenai kesiapan ASO mulai malam ini, mulai dari Metro TV, TV One. Trans TV, TVRI RTV. Sejumlah stasiun menyatakan kesiapan proses peralihan TV analog menuju TV digital.

"Begitu jam 00.00 WIB nanti saya tentu berharap kerjasama kita selain untuk melakukan analog switch off, dengan ASO menandakan satu sejarah baru digital TV indonesia, kita mulai dari Jabodetabek untuk Nusantara," ujar Johnny dalam dialognya ke sejumlah stasiun TV.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini