Acara GSI 2022, Kemenko PMK hingga Sekjen PSSI Hadir

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 18:05 WIB
Foto bersama saat acara pembukaan pemusatan latihan GSI 2022  (Kemendikbud)
Foto bersama saat acara pembukaan pemusatan latihan GSI 2022 (Kemendikbud)

AYOCIREBON.COM -- Pemerintah bergerak cepat untuk mempersiapkan talenta muda persepakbolaan nasional karena pada tahun 2023 Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20.

Guna mendukung persiapan tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2022 pada 18-30 Oktober 2022.

Gala Siswa Indonesia adalah sebuah kompetisi sepak bola antar peserta didik jenjang SMP yang dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat kecamatan (sekolah) sampai dengan tingkat nasional.

Baca Juga: Laga Elit Marcus/Kevin vs Fajar/Rian di Partai Final Denmark Open 2022

Di tahun 2022 panitia seleksi melaksanakan sistem penjaringan pemanduan bakat dalam bentuk keterampilan sepak bola yang direkam melalui video dari 9.267 peserta tingkat kecamatan, terseleksi menjadi 3.629 peserta tingkat kabupaten/kota, dan terseleksi 864 peserta tingkat provinsi yang diselenggarakan sejak bulan Mei hingga Agustus 2022.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim, mengungkapkan bahwa Kemendikbud Ristek terus berupaya mengembangkan proses pembelajaran yang menyenangkan sesuai minat dan bakat peserta didik termasuk melalui olahraga sepak bola.

“Jangan takut untuk mencoba, kalah ataupun menang dalam kompetisi adalah hal biasa, yang penting adik-adik berani berkompetisi dengan sportif, terus mengembangkan diri, itulah ciri pelajar yang merdeka dalam belajar,” ungkap Nadiem saat memberikan pesan motivasi kepada peserta GSI secara daring pada hari Kamis tanggal 20 Oktober 2022.

“Keberlanjutan GSI ini menjadi kunci untuk mencetak generasi muda yang cerdas, sehat, dan berkarakter. Selamat mengikuti pemusatan latihan di GSI 2022 untuk seluruh peserta,” ucap Nadiem dilansir dari rilis Kemdikbud.

Baca Juga: Sinopsis Siapa Takut Orang Ketiga Episode 16 Malam Ini: William Minta Kimi Melupakan Samuel

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini