Wow, China Gelontorkan Dana Sampai Rp 21,86 Triliun untuk Piala Dunia 2022, Demi Apa?

- Rabu, 30 November 2022 | 21:39 WIB
Piala Dunia 2022 Qatar  (FIFA)
Piala Dunia 2022 Qatar (FIFA)

AYOCIREBON.COM - China menggelontorkan dana fantastis di Piala Dunia 2022 Qatar meski Timnas China tak lolos untuk ikut serta dalam pesta sepak bola empat tahunan itu. 

Meski timnya tak lolos dan hanya sebagai penonton, China tetap hadir dalam kompetisi empat tahun sekali itu melalui sejumlah perusahaan yang menjadi sponsor Piala Dunia.

Seperti melansir Al Jazeera, perusahaan China menyumbangkan USD1,39 miliar atau setara dengan Rp21,86 triliun (kurs Rp15.729) untuk jadi sponsor Piala Dunia Qatar.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan perusahaan-perusahaan kenamaan Amerika Serikat seperti Coca-Cola, McDonald’s, dan Budweiser.

Baca Juga: LINK Live Streaming Piala Dunia 2022 Tunisia vs Prancis Malam Ini, Kick Off Jam 22.00 WIB, Bisa Nonton di HP

Adapun, sponsor negeri tirai bambu yang berkontribusi dalam kompetisi Piala Dunia itu diantaranya adalah Mengniu Dairy, Wanda Group, Vivo, dan Hisense.

Munculnya sponsor China itu juga sejalan dengan impian Presiden Xi Jinping yaitu untuk mengubah China jadi pusat kekuatan sepak bola melalui rencana dan target yang ambisius.

“Piala Dunia bekerja untuk perusahaan China baik di luar tetapi juga di dalam China karena sepak bola memiliki banyak pengikut di China,” kata Martin Roll, pakar branding dan konsultan yang berbasis di Singapura, dikutip Suara.com dari Terkini.id, Selasa (29/11/2022).

“Ini menandakan dengan kuat bahwa merek-merek China ini bermain dalam skala global, dan menampilkannya kepada khalayak Tiongkok memainkan peran penting. Menjadi sponsor dan mitra pemasaran Piala Dunia hanya untuk beberapa merek terpilih yang mampu membelinya, jadi menjadi bagian darinya, merupakan kesaksian aspirasi merek China,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rohmana Kurniandari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini