Yamaha

bank bjb Tampung Klaim Jaminan Pensiun TKI

  Kamis, 09 Februari 2017   Adi Ginanjar
Logo bank bjb

BANDUNG, AYOCIREBON.COM--Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), dan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Ketenagakerjaan mempercayakan penampungan uang jaminan pensiun mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Korea Selatan sebesar Rp100 miliar ke bank bjb.

Kepastian tersebut diperoleh usai keempat instansi tersebut menandatangani perjanjian kerja sama di Gedung Sate Kota Bandung Jabar, Rabu (8/2/2017).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan TKI dari Korea Selatan yang sudah selesai masa kontraknya berhak mendapat asuransi jaminan pensiun.

"Sebagian TKI telah melakukan klaim, tapi sebagian lagi belum melakukannya sehingga uangnya masih mengendap di Korea Selatan. Kerja sama ini sebagai langkah untuk membantu mantan TKI yang belum mendapatkan haknya agar bisa melakukan klaim," katanya usai penandatanganan kerja sama.

Mantan TKI asal Jawa Barat yang belum melakukan klaim asuransi jaminan pensiun mencapai 1.739 orang atau senilai Rp100 miliar.

Menurutnya, apabila para TKI belum mengklaim jaminan pensiun dalam kurun waktu lima tahun maka uang dimasukkan ke APBN Korea Selatan.

"Harus diperjuangkan, dibantu perncairannya agar mantan TKI asal Jabar bisa mendapatkan haknya," ujarnya.

Dengan kerja sama tersebut, lanjut Aher, maka uang jaminan pensiun mantan TKI bisa diperjuangkan agar bisa dicairkan.

BNP2TKI dan BPJS Ketenagkerjaan, kata Aher, akan melakukan verifikasi mantan TKI yang belum melakukan klaim.

"bank bjb yang akan menampung dan menyalurkan kepada penerima hak setelah proses verifikasi dan klaim ke Korea Selatan selesai," terangnya.

Sementara itu,  Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko bank bjb, Agus Mulyana mengatakan pihaknya mengembangkan skema channelling dengan Citibank guna mengurus dan mengelola arus transaksi di luar negeri. "Salah satunya mengelola klaim jaminan sosial di Korea Selatan," katanya.

bank bjb memilih Citibank karena perbankan itu memiliki jaringan dan koneksi dengan perbankan lokal di Korea Selatan. Sehingga proses pengelolaan nantinya akan semakin mudah terutama bagi TKI asal Jawa Barat. “bank bjb siap memperjuangan klaim jaminan sosial TKI dari Korea Selatan," katanya.

Selain itu, bank bjb siap melakukan pendampingan serta pelatihan kewirausahaan bagi mantan TKI tersebut.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar