Yamaha

Merindukan Pagelaran Seni Tari Kolosal di Keraton Kanoman

  Minggu, 28 Februari 2021   Andres Fatubun
Pangeran Patih Kesultanan Kanoman Cirebon, Pangeran Raja Moch. Qodiran, meninjau persiapan Drama Tari Musikal Kolosal

CIREBON, AYOCIREBON.COM --Yayasan Cahya Widi Kesultanan Kanoman Cirebon akan menggelar pagelaran seni pada 25 Maret 2017 dengan tema Pagelaran Drama Tari Musikal Kolosal "Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2" yang berlokasi di area Siti Inggil Kesultanan Kanoman Kota Cirebon.

Pangeran Patih Kesultanan Kanoman Cirebon, Pangeran Raja Moch. Qodiran, menuturkan pagelaran ini akan menampilkan drama tari musikal yang digarap secara profesional oleh seniman Cirebon. Selain itu pegelaran ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi bangsa yang mulai terpecah belah oleh sejumlah persoalan.

"Kami merangkul seniman yang prihatin atas keadaan bangsa ini yang nyaris terpecah belah, dengan mengambil contoh Cirebon yang menurut sejarah dibentuk oleh berbagai etnis dan ras, agar bangsa Indonesia ini dapat mengambil contoh agar dapat menghargai perbedaan yang ada," ujarnya kepada awak media saat jumpa pers di Keraton Kanoman Kota Cirebon, Kamis (23/3/2017).

Ia menambahkan pagelaran kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena ada perpaduan seni musik tradisional dengan modern sehingga diharapkan dapat menarik minat dari kalangan remaja.

Lebih lanjut, Qodiran mengatakan pagelaran melibatkan sekitar 250 seniman dari kota dan kabupaten Cirebon dengan harapan ada sekitar 2000 penonton yang datang. 

Qodiran menjelaskan kata "Cahaya Sumirat" adalah pengungkapan rasa kebahagian kerajaan Cirebon di masa lampau ketika terbebas dari pengaruh kerajaan Galuh dan nantinya pagelaran ini akan digelar oleh Keraton Kanoman secara berkala setiap tahun. 

"Konteksnya dalam pagelaran ini sangat kekinian jika dihadapkan pada permasalahan bangsa yang terjadi sekarang. Tema pagelaran Cahya Sumirat akan mengikuti tema kekinian dan permasalahan yang tengah dihadapi Bangsa" tutupnya. (Faqih Rohman)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar