Yamaha

Cirebon Harus Tangkap Peluang Ekonomi dari Festival Keraton Nusantara

  Sabtu, 08 April 2017   Adi Ginanjar
Keraton Kasepuhan.(Wikipedia)

CIREBON, AYOCIREBON.COM--Keraton Kasepuhan mengharapkan masyarakat, seniman, budayawan, pemda, dan pejabat menjadi tuan rumah yang baik dalam pagelaran Festival Keraton Nusantara XI yang akan berlangsung pada 15 - 20 September 2017 mendatang.

"Pertama semua elemen-elemen masyarakat Cirebon menjadi tuan rumah yang baik, santun, ramah, tentunnya diharapkan bisa mengambil kesemapatan sebaik-baiknya supaya Cirebon ini nyaman, aman, tertib, dan penuh kenangan," ujar Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat kepada Ayocirebon, Jumat (7/4/2017).

Sultan menuturkan festival ini akan memberikan dampak positif terhadap sektor perkonomian yang ada di Cirebon, lantaran perputaran uang atau daya konsumsi para wisatawan banyak membalanjakan uangnnya untuk memenuhi kebutuhan.

"Hotel akan penuh dan laku kemudian juga restoran dan kuliner akan laku seperi tahu gejrot, empal gentong, nasi jamblang, nasi lengko laku semuanya nanti banyak yang beli makan. Mereka akan cari oleh-oleh khas Cirebon dan cinderamata, sektor transportasi ojek, taksi, angkot dan rental akan laku semuanya," katanya.

Di samping itu, festival ini harus dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi dan  menimba ilmu pengetahun karena dalam satu temlat dan waktu sekitar 50-an keraton se-nusantara akan kumpul bersama.

"Diharapkan sekolahan dari mulai TK sampai perguruan tinggi juga bisa memanfaatkan ini, ikut juga belajar bagaimana nanti ada sejarah keraton, pusaka keraton, kesenian keraton, prajurit keraton dan sebagainya yang berasal dari seluruh indonesia. Karena itu ambil kesempatan yang sangat baik untuk dimanfaatkan," katanya. (Faqih Rohman)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar