Yamaha

Dana Desa Akan Naik Rp120 Miliar pada 2018

  Jumat, 28 April 2017   Adi Ginanjar
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan kerja ke Desa Pabedilan Kaler Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. (faqih/ayocirebon)
CIREBON, AYOCIREBON.COM--Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan kerja ke Desa Pabedilan Kaler Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. 
 
Dalam kunjungan kerjanya Menteri Desa membawa pesan dari Presiden Jokowi jika pada tahun 2018 anggaran dana desa akan ditambah dua kali lipat menjadi Rp120 miliar. 
 
"Anggaran dana desa sekarang hanya sebesar Rp60 miliar, nantinya setiap desa akan mendapatkan sekitar Rp1,2 miliar," ujarnya kepada awak media di Balaidesa Pabedilan Kaler, Jumat (28/4/2017).
 
Eko menjelaskan terdapat dua syarat utama yang harus di penuhi untuk mendapatkan tambahan dana desa pada tahun 2018. Syarat pertama di setiap desa harus memasang baliho yang berisi rencana pembangunan yang dilakukan.
 
Kedua setiap desa diharuskan untuk menjalankan empat program unggulan yang telah dicanangkan pada tahun ini. Empat program unggulan tersebut diantaranya menentukan produk unggulan kawasan pedesaan (Purkades), mengalokasikan dana Rp200 - Rp500 juta untuk pembuatan embung dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan mengalokasikan dana Rp50 - Rp100 juta untuk membuat lapangan olahraga. 
 
"Setiap desa yang tidak memenuhi persyaratan terancam tidak akan mendapatkan tambahan dana desa," jelas Eko.
 
Dengan adanya penambahan dana desa tersebut diharapkan alokasi dari pemerintah kabupaten dan provinsi akan mengalami kenaikan.(Faqih Rohman)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar