Yamaha

KULINER CIREBON: Nasi Bogana, Sajian Khas Para Leluhur

  Minggu, 14 Maret 2021   Redaksi AyoBandung.Com
Nasi Bogana.(nasi-bogana.com)

CIREBON, AYOCIREBON.COM--Cirebon, kota yang terletak di pesisir utara Jawa Barat mempunyai segudang kuliner khas mulai dari empal gentong, nasi lengko, dan nasi jamblang.

Dengan cita rasa yang khas, tak sedikit para pecinta kuliner dari berbagai daerah datang dan berburu langsung kuliner tersebut di Kota Cirebon.

Terdapat lagi satu kuliner yang mempunyai sejarah panjang dan terkait erat dengan tradisi leluhur orang Cirebon yaitu nasi bogana.

Penata Budaya Tradisi dan Adat Keraton Kacirebonan, Elang Iyan menuturkan nasi bogana hanya disajikan dua kali dalam setahun yakni ketika Hari Raya Idulfitri dan Iduladha saja.

"Nasi bogana tradisi yang ada setahun dua kali dalam tradisi keraton," ujarnya kepada Ayocirebon.

Ia menjelaskan penamaan nasi bogana sendiri berasal dari bahasa Sunda yaitu 'saboga-bogana' yang berarti seadanya. Ada makna lain dari kata saboga-bogana jika dilihat secara filosofis yakni menunjukan nilai-nilai kesehajaan atau kesederhanaan bahwa dengan lauk seadanya.

"Karena leluhur kita dari Kerajaan Pajajaran maka bahasanya Sunda, bogana itu saboga-bogana," jelasnya.

Elang Iyan menambahkan nasi bogana terdiri dari beras, kelapa parut, kunyit, tempe, tahu, cabai merah, dan cabai hijau.(Faqih Rohman)


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar