Yamaha

Arus Balik Libur Natal dan Tahun Baru via KA Mulai 2 Januari

  Sabtu, 30 Desember 2017   Faqih Rohman Syafei
Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro/Faqih

CIREBON, AYOCIREBON.COM--PT Kereta Api Indonesia (KAI) mempekirakan puncak arus balik libur panjang terjadi pada tanggal 2 - 7 Januari 2018 nanti. Sebanyak 40 perjalanan kereta api tambahan disiapkan untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang. 

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan usai libur natal arus mudik penumpang kereta api masih sangat tinggi, terlihat dari banyaknya keberangkatan dari Stasiun Gambir Jakarta yang naik sekitar dua kali lipat dari hari biasanya.
 
Sedangkan untuk Daop 3 Cirebon berdasarkan data yang ada terjadi kenaikan penumpang sekitar lima persen, dan hingga saat ini tiket yang terjual sudah mencapai 93% sampai tanggal 7 Januari 2018. Angka tersebut sudah termasuk dengan kereta api tambahan yang semuanya ada 40 perjalanan.
 
"Pada tahun lalu tempat duduk yang tersedia sekitar 265 ribu kursi, sedangkan sekarang 278 ribu kursi perharinya, ini belum habis sampai tanggal 7 Januari 2018," ungkap Edi.
 
Edi menjelaskan terdapat enam titik rawan longsor di Daop 3 Cirebon namun setelah dilakukan pengecekan oleh petugas, dipastikan bahwa semua jalur kereta api aman untuk dilalui baik itu jalur Utara ataupun jalur Selatan.
 
"Titik rawan ada enam, dan semuanya aman untuk dilalui," katanya. 
 
Ia menambahkan dikatakan sebagai puncak arus balik, karena tempat duduk yang tersedia sudah terjual habis. Untuk kereta api tidak bisa menambah tempat duduk secara mendadak. "Tempat duduknya terjual habis itu puncaknya, gak bisa lebih dan di kereta api penumpang gak mungkin ada yang berdiri," pungkas Edi. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar