Yamaha

Pertama Kali di Cirebon, Polisi Menangkap Pengedar Ganja Sintetis

  Rabu, 17 Januari 2018   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Cirebon Kota berhasil menangkap tiga orang pengedar ganja sintetis atau tembakau gorilla. Pengungkapan penjualan ganja sintetis ini merupakan yang pertama kalinya di Kota Cirebon.

Penangkapan terjadi pada Senin (15/1/2017) pukul 13.00 WIB di Alfamart Kesenden, Kota Cirebon. Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid mengatakan jika para tersangka sebelumnya terendus oleh tim siber Polres Cirebon Kota yang mencurigai adanya penjualan barang tersebut di media sosial.

"Baru pertama kali diungkap, sistem pemesanan lewat Line. Para pemakai rata-rata adalah mahasiswa," ujarnya di Mapolres Cirebon Kota, Rabu (17/1/2018).

Dalam pengungkapan tersebut, tim kepolisian terlebih dahulu menangkap tersangka K dengan barang bukti sebanyak 0,5 gram. Kemudian, berdasarkan hasil pengembangan, tim menangkap tersangka N dan R. Ganja sintetis itu dijual seharga Rp100.000 per paket dengan margin keuntungan sebesar Rp50.000 per satu gram.

"Dari tersangka N didapat sembilan paket, sedangkan dari R sebanyak tiga Tupperware dengan jumlah total seberat 50 gram," jelasnya. 

Setelah dilakukan uji laboratorium, efek pemakaian tembakau gorila tersebut sama dengan efek yang dihasilkan ganja.

Ketika diselidiki lebih lanjut, polisi menemukan jika tembakau gorila ini telah beredar selama enam bulan di Kota Cirebon. “Mungkin banyaknya peredaran tembakau gorila di Kota Cirebon hanya sekadar tren yang berkembang di kalangan para pemakai,” kata Adi.

Ketiga tersangka akan dijerat dengan Undang-Undang Narkotika junto Peraturan Menteri Kesehatan dengan hukuman kurungan penjara paling lama 12 tahun.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar