Yamaha

6 Kecamatan Dilanda Banjir, Ketinggian Air Capai 2,5 Meter

  Jumat, 23 Februari 2018   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi. (Antara)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Cirebon terendam banjir akibat luapan air Sungai Cisanggarung, Jumat (23/2/2018).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman mengatakan banjir yang terjadi pada hari ini meliputi kecamatan Pasaleman, Pabuaran, Losari, Ciledug dan Waled. Hingga siang hari tadi ketinggian air mencapai 2,5 meter. 

"Ada enam kecamatan yang terkena banjir, yang paling parah di Kecamatan Pasaleman Desa Cilengkrang dengan Ciledug Wetan, bahkan air mencapai 2,5 meter," ujarnya kepada Ayocirebon, Jumat (23/2/2018).

Menurutnya, banjir kali ini disebabkan oleh curah hujan di wilayah Cirebon dan Kuningan yang cukup tinggi sehingga  membuat volume air di aliran sungai meluap dan menggenani pemukiman warga. 

Dia menjelaskan banjir ini mengakibatkan ribuan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman atau jauh dari genangan air banjir. 

"Banyak yang mengungsi ke balai desa dan masjid. Kalau dihitung ada sekitar 1500 KK, mungkin mencapi 7000 jiwa," jelasnya. 

Dijelaskan, pihaknya telah menerjunkan anggota ke dearah banjir, serta berkoordinasi dengan berbagai pihak terutama tim evakuasi dari Basarnas, Pol Airud, Brimbo, Kepolisian, TNI, PMI, dan lainnya.

"Kita juga bawa pasukan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir," katanya. 

Tak lupa, dia mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Cirebon lainnya yang tidak terkena banjir untuk turun serta meringankan korban banjir dengan memberikan sedikit bantuan berupa makanan siap saji, atau lainnya demi kepentingan bersama. 

"Mohon kepada masyarakat, kami membutuhkan makanan siap saji, nasi bungkus, karena masyarakat disana tidak bisa masak, kemudian selimut, tikar, air bersih, serta tak kalah penting alat-alat kebersihan," pungkas Eman.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar