Yamaha

Begini Cerita Mistis Pedati Gede dengan Kebo Bule di Cirebon

  Minggu, 14 Maret 2021   Redaksi AyoBandung.Com
Pedati Gede. (dokumen ayocirebon)
PEKALIPAN, AYOCIREBON.COM--Dibalik cerita sejarahnya Pedati Gede menyimpan kisah mistis. Sejumlah orang, terutama warga sekitar mengaku mengalami pengalaman mistis.
 
Salah seorang warga RT04 Pekalangan Utara, Aulia Ulum mengatakan dirinya pernah mengalami hal mistis ketika melintas tengah malam di gang tersebut. Bahkan sampai membuat bulu kuduknya berdiri sehingga dirinya merasa takut. "Kalau saya mas, pernah lewat sekitar jam setengah satu malam. Tiba-tiba hawanya beda jarak beberapa meter dari tempat pedati gede," ungkapnya, belum lama ini.
 
Dia menjelaskan berdasarkan cerita orang tua dulu, setiap malam jumat kliwon hewan kebo bule yang dipakai untuk menarik pedati gede sering menampakan wujudnya dan melintas di jalanan sekitar. "Bahkan warga juga denger suara kleneng...kleneng dari bel kebo bule," terang Ulum. 
 
Selain itu, warga sekitar pun sering diganggu oleh suara orang tua ketika malam hari. Kemudian setiap ada penampakan kakek-kakek, pedati yang semula kotor oleh debu tiba-tiba bersih. "Kadang malam tertentu ada yang aneh. Tetapi makhluk-makhluk ghaib itu tidak pernah jahil ke orang-orang. Balik lagi kekitanya," kata Ulum. 
 
Ulum mengaku sekarang hal-hal ghaib tersebut sudah jarang terjadi. Mungkin karena sudah banyak lampu penerangan, sehingga jalan menuju situs pedati gede sudah terang benderang.
 
Dia menambahkan warga sekitar bersyukur adanya benda bersejarah peninggalan Pangeran Cakrabuana atau Mbah Kuwu Cirebon. Karena benda tersebut hanya ada satu-satunya di Cirebon.
 
Sementara itu, Juru Pelihara, Siti Nurlaela menyebutkan situs pedati gede banyak didatangi orang untuk berziarah. Bahkan beberapa diantaranya datang dari luar Pulau Jawa dan luar negeri. "Pernah ada orang Bali, dan pernah juga orang Belanda, Malaysia dan lainnya  datang ke sini," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar