Yamaha

Lorong Goa Sunyaragi Cirebon, Akses Menuju Tiongkok dan Mekah

  Rabu, 03 Maret 2021   Redaksi AyoBandung.Com
Goa Sunyaragi. (Faqih/ayocirebon)
KESAMBI, AYOCIREBON.COM -- Terdapat dua lorong atau terowongan di Goa Sunyaragi yang menyimpan mitos. Konon, jika ada orang yang masuk kedalamannya bisa mengantarkannya ke Cina dan Mekah.
 
Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi, Jajat Sudrajat mengatakan di dalam lorong tersebut terdapat ruangan yang mempunyai luas satu kali satu meter. Mitosnya, ruangan sebelah kiri bisa menuju ke Tiongkok, sedangkan sebelah kanan menuju Mekah.
 
Lokasi dari kedua lorong tersebut terletak di belakang atau Pelataran Goa Argajumut. Diyakini, Wali Songo dan orang tua jaman dulu bisa ke Tiongkok dan Mekkah melalui lorong tersebut.
 
"Itu hanya mitos, namun bisa terjadi. Karena orang tua jaman dulu kan dapat predikat orang yang disayangi Allah SWT sehingga bisa saja masuk kesana sampai," katanya.
 
Menurutnya lorong Tiongkok dan Mekkah merupakan simbol dari keberagaman yang ada di Cirebon. Karena, kedua suku bangsa tersebut mempunyai peran dalam sejarah panjang Cirebon.
 
Sejak jaman dahulu wilayah Cirebon yang merupakan pelabuhan sudah berinteraksi dan memiliki hubungan dagang dengan Tiongkok dan Arab. Secara tidak langsung mereka pun telah memperkenalkan Cirebon ke dunia internasional.
 
"Kita tahu bahwa, Cirebon mempunyai hubungan dengan Cina melalui pernikahan Sunan Gunung Jati dan Putri Ong Tien. Sedangkan Mekah adalah kiblat orang Islam ketika shalat," katanya.
 
Jajat menambahkan mitos kedua lorong tersebut hingga kini masih diyakini oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Bahkan tak jarang para pengunjung Goa Sunyaragi selalu menanyakan hal tersebut. Tetapi saat ini, Goa Sunyaragi tidak menjual mitos sebagai destinasi wisata.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar