Yamaha

Ngeri, Sumur Upas di Keraton Cirebon Mengandung Racun

  Rabu, 29 Agustus 2018   Faqih Rohman Syafei
Sumur Upas di Keraton Kasepuhan Cirebon. (Faqih/ayocirebon)
LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM -- Terletak di Petilasan Dalem Agung Pakungwati, Keraton Kasepuhan Cirebon, terdapat sebuah sumur yang didalamnya mengandung racun. Sumur itu dinamakan Sumur Upas. 
 
"Dinamakan upas yang artinya racun, karena didalam mengandung racun," ungkap Kabag Pemandu, Keraton Kasepuhan Cirebon, Iman Sugiman, Rabu (29/8/2018).
 
Menurut Iman sumur tersebut dahulu kala digunakan untuk merendam senjata tombak, keris, anak panah dan senjata pusaka lainnya sebelum berperang. Karena dipercayai mengandung racun yang mematikan untuk melumpuhkan lawan.
 
"Jadi kalaupun tidak tertusuk keris atau tombak, walaupun tergores bisa melumpuhkan musuh," katanya. 
 
Iman menjelaskan berdasarkan catatan sumur tersebut sudah ada sejak abad ke-15. Namun saat ini sumur itu sudah ditutup oleh pengelola Keraton Kasepuhan, dan dipercayai racunnya masih ada hingga sekarang. 
 
"Untuk logika sekarang, mungkin sumur itu dinamakan demikian karena mengandung gas alam. Dan sekarang sudah tidak dibuka lagi, hanya diberikan pembatas saja," ucapnya.
 
Dia menambahkan disamping sumur upas, terdapat pohon soka swarga yang warba bunganya orange. Uniknya, pohon soka berbunga di pucuk daunya, namun soka swarga bunganya tumbuh di dahan dan ranting kayu. 
 
"Tidak seperti umumnya, pohon soka ini memiliki keunikan di bunganya. Usianya pun sudah ratusan tahun," pungkasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar