Yamaha NMax

Mahasiswa Cirebon Tuntut Pemerintah Tegakkan Reforma Agraria

  Selasa, 25 September 2018   Faqih Rohman Syafei
Sejumlah mahasiswa Kota Cirebon berunjuk rasa refleksi Hari Tani Nasional di Lampu Merah By Pass, Jalan Terusan Pemuda, Kota Cirebon, Selasa (25/9/2018). (Faqih Rohman Syafei/ayocirebon.com)
KESAMBI, AYOCIREBON.COM -- Sejumlah mahasiswa Kota Cirebon berunjuk rasa refleksi Hari Tani Nasional di Lampu Merah By Pass, Jalan Terusan Pemuda, Kota Cirebon, Selasa (25/9/2018).
 
Perwakilan mahasiswa dari GMNI, Rofik mengatakan aksi ini mensuarakan reforma agraria di Indonesia. Karena hingga kini belum dilaksanakan secara benar oleh pemerintah.
 
Menurutnya, selama empat tahun kepemimpinan Jokowi-JK janji Nawacita pada point kelima tentang yang ingin menegakkan reforma agraria sejati belum terlaksana. Sebaliknya, malah banyak terjadi konflik agraria di seluruh Indonesia.
 
"Selama empat kepemimpinan, ada sekitar 1.833 konflik agraria. Aksi ini sebagai aspirasi dari teman-teman mahasiswa lintas organisasi," ungkapnya kepada awak media, Selasa (25/9/2018).
 
Sementara itu, Arif Abdul Wahid dari HMI mengatakan kejadian miris terjadi pada Hari Tani Nasional. Dua petani asal Indramayu dikriminalisasi, bahkan dipenjarakan.
 
"Ada informasi ada dua orang petani yang menolak tanahnya digusur untuk pembangunan PLTU malah dikriminalisasi," katanya. 
 
Aksi unjuk rasa ini pun sebagai bentuk solidaritas kepada kedua petani tersebut agar segera dibebaskan, karena itu merupakan tindakan fitnah yang tak berdasar.
 
"Banyak kasus serupa di seluruh Indonesia, kami meminta mereka dibebaskan," ucapnya. 
 
Sambungnya, mahasiswa pun mengecam aksi kekerasan yang dilakukan oleh aparat keamanan kepada aksi mahasiswa yang terjadi beberapa waktu lalu. Karena itu merupakan tindakan yang keji terhadap mahasiswa hingga menimbulkan luka. 
 
"Tegakkan keadailan setegak-tegaknya, lakukan tugas Polri sesuai tupoksinya," pungkasnya.

AYO BACA : Ratusan Mahasiswa Demo Tuntut Pemerintah Laksanakan UU Reforma Agraria

AYO BACA : Polisi Cirebon Siapkan Pengamanan Pemilu 2019


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->