Yamaha

Pasar Rakyat Muludan Mampu Menggenjot Pelaku Usaha Kecil

  Selasa, 20 November 2018   Faqih Rohman Syafei
Pasar Muludan Cirebon (kasepuhan.com)

AYO BACA : Jelang Puncak Muludan, Warga Padati Pasar Rakyat di Alun-alun Kasepuhan Cirebon

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM--Perputaran uang di Pasar Rakyat Muludan di Alun-alun Kesepuhan Cirebon diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Dipandang mampu menggenjot pelaku usaha kecil. 

Salah seorang pedagang tahu petis, Andi mengaku selama hampir sebulan berdagang di Pasar Rakyat Muludan dirinya mampu meraup keuntungan hingga dua kali lipat. Jika dibandingkan dengan berjualan pada hari biasanya.

"Lumayan mas ada peningkatan yang cukup besar. Ya untungnya bisa mencapai sekitar dua kali lipat," katanya kepada ayocirebon.com, Selasa (20/11/2018)

Dia mengatakan peningkatan penjualan tersebut terjadi pada awal hingga pertengahan adanya Pasar Rakyat Muludan. Namun, memasuki akhir atau puncak peringatan Mualid Nabi Muhammad SAW penjualannya mulai mengalami penurunan, tetapi masih cukup ramai. 

"Hari ini nih sudah mulai menurun yang beli, tapi masih untung mas. Tapi kalau dibandingkan pas awal-awal masih rame awal dibanding akhir," ucapnya.

Sementara itu, Sultan Sepuh XIV Keraton Kesepuhan, PRA Arief Natadiningrat menyebutkan total omset atau perputaran uang selama adanya pasar teresebut mampu menembus miliaran rupiah. Jumlah tersebut berdasarkan perhitungan pengunjung yang mencapai 100 ribu pengunjung.

"Diprediksi bisa mencapai sekitar Rp20 miliar. Itu merupakan total omzet dari para pedagang kecil dan mikro yang berjualan di Pasafa Rakyat Muludan," sebutnya. 

Dia menambahkan keberadaan pasar tersebut pun mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Cirebon. Ditambah lagi dengan adanya akses Tol Cipali yang mampu memangkas waktu tempuh.

"Kami berikan juga berikan diskon 50% bagi yang berkunjung ke Keraton Kesepuhan Cirebon. Dan adanya ini pun bisa meningkat kunjungan wisatawan," pungkasnya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar