Yamaha Aerox

Menyusuri Jejak Laksama Cheng Hwa di Cirebon

  Senin, 26 November 2018   Faqih Rohman Syafei
Seminar Internasional Jejak Laksamana Cheng Hwa. (Faqih Rohman Syafei/Ayocirebon.com)

KEDAWUNG, AYOCIREBON.COM--Pemkab Cirebon menggelar seminar internasional Jejak-jejak Laksama Cheng Hwa di Aston Hotel Cirebon, Senin (26/11/2018). Sejumlah sejarawan dalam dan luar negeri memaparkan peninggalan Cheng Hwa di Cirebon.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Hartono mengatakan tujuan diadakannya seminar ini untuk menggali dan meluruskan sejarah jejak perjalanan Cheng Hwa di Cirebon.

AYO BACA : Petis, Makanan Kegemaran Putri Ong Tien

Disebutkannya, sejumlah pakar dari Tiongkok, sejarawan Unpad, dan Cirebon dihadirkan untuk memaparkan peninggalan Cheng Hwa di Cirebon dengan data dan sumber yang valid. Sehingga bisa dijadikan sebagai referensi Pemkab Cirebon dalam menyusun kebijakan dalam bidang budaya. 

"Mereka para ahli yang mengetahui sejarah Cirebon. Sehingga materi yang dipaparkannya menjadi referensi arah kebijakan dalam pembangunan bidang budaya," katanya, Senin (26/11/2018).

AYO BACA : Ada Gamelan Unik Berbentuk Kodok, Dipercaya Bisa Turunkan Hujan

Melalui pencarian bahan dan dokumen sejarah tersebut, selain sebagai penentu arah kebijakan bisa dijadikan juga untuk bahan ajar kepada generasi muda Cirebon. Dengan begitu, mereka bisa semakin mengetahui dan mencintai sejarah serta budaya Cirebon. 

Dia menerangkan setelah mengetahui alur yang benar tentang jejak Chenh Hwa di Cirebon, pihaknya akan melakukan revitalisasi terhadap peninggalan-peninggalan Cheng Hwa.

Di antaranya, pada kompleks Makam Sunan Gunung Jati terdapat guci-guci antik peninggalan Cheng Hwa. Benda peninggalan tersebut akan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. 

"Revitalisasi tersebut untuk lima sampai sepuluh tahun ke depan. Dan itu, akan kami jadikan salah satu destinasi wisata sejarah. Orang lain akan tahun ada hubungannya Cheng Hwa dan sejarah Cirebon," pungkasnya.

AYO BACA : Berusia 400 Tahun, Kereta Singa Barong Ternyata Pakai Teknologi Power Streering


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar