bank bjb
  
Yamaha

RTH Kota Cirebon Belum Ideal, Masyarakat Diajak Rajin Tanam Pohon

  Selasa, 11 Desember 2018   Faqih Rohman Syafei
RTH Kota Cirebon Belum Ideal, Masyarakat Diajak Rajin Tanam Pohon
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Abdul Syukur. (Faqih Rohman Syafei/Ayocirebon.com)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM--Ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Cirebon masih kurang ideal. Penghijauan atau penanaman pohon masih perlu digalakan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Abdul Syukur mengatakan RTH idealnya sekitar 20% dari luas kota, namun hingga di Kota Cirebon kini baru mencapai 10,4%.

AYO BACA : Pohon Klengkeng Jomblo, Daya Tarik Goa Sunyaragi

Lebih lanjut, pihaknya mengajak masyarakat untuk rajin menanam pohon dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong, diantaranya di halaman rumah dan dimana saja.

"Masih banyak yang harus kami siapkan, makanya minimal vegetasi di masyarakat ditingkatkan. Kami ajak masyarakat rajin tanam pohon setiap ruang kosong manfaatkan menanam pohon," ujarnya, Selasa (11/12/2018).

AYO BACA : Pangdam III/Siliwangi Ajak Masyarakat Membuat Biopori

Dia menyebutkan salah satu RTH yang terbesar berada di Kebon Pelok, Kecamatan Harjamukti. Terdapat berbagai macam keanekaragaman hayati, diantaranya tanaman langka seperti pohon kecapi, gayam serta lainnya.

"Disana itu banyak tanaman langka yang sedang kita tanam. Kami harapkan taman kota ini bisa dijaga bersam dengan masyarakat. Karena itu adalah aset," sebutnya.

Syukur menjelaskan terdapat sejumlah kendala untuk merealisasikan luas ideal RTH di Kota Cirebon, yakni pada persoalan pembebasan lahan dan anggaran. Diperlukan komitmen dan koordinasi sejumlah pihak untuk mendukung hal tersebut.

Disamping itu, wilayah Kota Cirebon bagian utara sudah terbentuk wilayah perkotaan, sehingga akan diarahkan ke wilayah selatan.

"Untuk Argasunya ada sekitar 100 hektar lahan eks galian C, kami akan adakan revitalisasi diharapkan agar seluruh masyarakat dukung rencana ini," pungkasnya.

AYO BACA : Warga Gang Cempaka 1 Ubah Tembok Jadi Lukisan Indah


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar