Yamaha Aerox

Diapresiasi Mendag, Jabar Kontributor Ekspor Tertinggi

  Kamis, 07 Februari 2019   Erika Lia
Mendag RI, Enggartiasto Lukita meninjau salah satu booth yang menjual produk unggulan daerah di Jabar saat Musprov VII Kadin Jabar di Hotel Aston, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (7/2/2019). (Erika Lia/ayocirebon).

KEDAWUNG, AYOCIREBON.COM--Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita menyebutkan Jawa Barat merupakan kontributor ekspor tertinggi se-Indonesia. Kinerja perdagangan Jabar surplus hingga 17,6 miliar dolar.

"Provinsi Jawa Barat menyumbang surplus perdagangan cukup besar bagi Indonesia sebesar 17,6 miliar dolar," katanya saat Musyawarah Provinsi (Musprov) VII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jabar, di Hotel Aston, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (7/2/2019).

Dia berharap Kadin Jabar bisa memanfaatkan momentum ini. Produk primadona Jabar yang laku di pasaran ekspor sendiri di antaranya sepatu olah raga, gear box kendaraan, ban, mesin printer, LCD, LED, serta panel display.

Meski demikian, dia mengingatkan pula bahaya perpindahan industri manufaktur yang ada di Jabar ke provinsi lain bahkan luar negeri. Menurutnya, untuk mencegah ini, Jabar membutuhkan pusat industri baru.

"Industri yang pindah dari Jabar ke Jawa Tengah semakin meningkat. Sejauh ini sudah lebih dari 20 industri, ada juga yang mengalihkan ke Jawa Timur, hanya tak terlalu besar," paparnya.

Menurutnya, segi tiga emas yakni Kertajati-Patimban-Cirebon Raya, yang dideklarasikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil merupakan satu-satunya solusi.

Musprov VII Kadin Jabar kali ini, mengangkat tema Meningkatkan Sinergitas Dunia Usaha Dalam Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Menuju Jabar Juara. Musprov akan melakukan evaluasi kinerja, pelaksanaan program, dan menetapkan arah strategi dan kebijakan umum Kadin Jabar lima tahun ke depan.

Agenda lain berupa pemilihan Ketua Umum Kadin Jabar 2019-2024 dengan tiga kandidat, masing-masing Rudy Rakian, Boris Syaifullah, dan Tatan Pria Sudjana.

Ketua Umum Kadin Jabar, Agung Suryamal menyatakan ketua umum Kadin Jabar yang baru diharap mampu membawa pengusaha Jabar bersaing secara global. Selain itu, ketua baru harus mampu meningkatkan sinergi dan kerjasama dengan pemerintah daerah.

"Tantangan dunia usaha ke depan cukup menantang. Saya harap dunia usaha Indonesia, khususnya Jabar, harus siap, tingkatkan inovasi, kreativitas, dan profesional," tuturnya.

Dia pun mengajak para pengusaha yang tergabung dalam Kadin untuk mengedepankan produktivitas, kualitas diri, dan profesionalisme.

Musprov VII Kadin Jabar tahun ini dihadiri sekitar 400 orang peserta. Terdiri dari ketua Kadin dari 27 kabupaten/kota se-Jabar serta 28 asosiasi/himpunan pengusaha yang sudah diseleksi menjadi 16 asosiasi.

Turut hadir dalam pembukaan musprov Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Penjabat Bupati Cirebon, Diky Saromi, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rossan P Roslani.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar