Yamaha Aerox

Waspadai Serangan Hama Wereng di Indramayu

  Jumat, 08 Februari 2019   Erika Lia
Ilustrasi Hama Wereng Cokelat.

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM--Menyusul cuaca yang dianggap tak menentu, para petani di Kabupaten Indramayu diimbau mewaspadai serangan hama wereng pada tanaman padi.

Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu, Sutatang mengatakan, saat ini panas terik dan hujan kerap datang silih berganti dalam satu waktu. Sementara, hama wereng mudah hidup dan berkembang biak ketika kelembaban udara tinggi seperti sekarang.

"Cuaca sekarang kan panas, hujan, panas, hujan," katanya.

Sejauh ini, sambungnya, belum ditemukan adanya serangan hama wereng di Indramayu. Para petani pun diingatkan tetap mewaspadai ancaman serangan hama tersebut.

Menurutnya, penyemprotan terhadap tanaman padi bisa dilakukan guna mencegah munculnya hama wereng. Saat ini, usia rata-rata tanaman padi di Kabupaten Indramayu 1-2 bulan.

"Tapi, ada juga lahan yang belum ditanam karena terendam banjir," ujarnya.

Kondisi semacam itu setidaknya dialami petani di Kecamatan Krangkeng. Lahan yang baru ditanami persemaian terendam air hingga membuat persemaian tak terlihat.

Padahal, persemaian yang sudah berusia sekitar 25 hari itu selayaknya dapat segera ditanam. Hanya, dia meyakinkan, saat ini genangan air di daerah itu sudah mulai surut sehingga penanaman bisa segera dilakukan.
 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar