bank bjb
  
Yamaha

Petugas Berhasil Evakuasi 55 Orang Terjebak Longsor Cikijing

  Selasa, 09 April 2019   Erika Lia
Petugas Berhasil Evakuasi 55 Orang Terjebak Longsor Cikijing
Petugas berjaga di sekitar lokasi tebing longsor yang menutup jalur nasional di Desa Sindangpanji, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Selasa (9/4/2019). (Erika Lia/ayocirebon)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Sedikitnya 55 orang yang terjebak timbunan longsor di jalur nasional antara Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan berhasil dievakuasi, Selasa (9/4/2019).

Tebing longsor diketahui menutup jalur nasional yang berlokasi di Desa Sindangpanji, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, pada Senin (8/4/2019) petang.

Mereka yang terjebak kebanyakan merupakan pengendara yang terdiri dari 55 orang, 23 unit mobil, dan tiga unit sepeda motor.

"Kami sudah evakuasi, seluruh orang selamat dan tidak ada yang luka serius," ungkap Kepala BPBD Kabupaten Majalengka, Agus Permana.

Tanah longsor setinggi 1-10 meter menutupi jalan perbatasan Cikijing-Kuningan di 11 titik sepanjang 1,8 km. Selain sempat menimbun pengendara, kejadian itu juga membuat warga tak bisa kemana-mana sebab tertutupnya akses.

Sejauh ini, pembersihan tanah longsoran tengah diusahakan petugas Dinas Bina Marga Jawa Barat bersama petugas gabungan. Tiga unit alat berat dilibatkan dalam upaya mempercepat proses pembersihan tanah longsor.

Kapolsek Cikijing, AKBP Wawan Kuswana juga memastikan, ke-55 orang yang sempat terjebak timbunan tanah longsor selamat dan sehat pasca proses evakuasi kendaraan yang dilakukan pihaknya. Polisi pun masih terus memantau perkembangan longsor yang menutupi jalur perbatasan itu.

"Kemungkinan proses pembersihan jalur makan waktu dua hari ke depan," cetusnya.

Dia mengaku, belum tahu pasti apa yang ada di bawah gundukan tanah longsor. Namun, pihaknya berharap tak ada korban jiwa.

Kejadian itu sendiri membuat Satlantas Polres Majalengka melakukan pengalihan arus kendaraan ke jalur alternatif. Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Atik Suswanti mengatakan, pengamanan jalur dilakukan di pertigaan Mapolsek Cikijing, pertigaan Desa Cidulang, maupun di sekitar lokasi bencana.

"Kendaraan dari arah Ciamis, Tasikmalaya, dan Majalengka yang menuju Kabupaten Kuningan dialihkan melalui jalur pertigaan jalan Desa Cidulang menuju jalan raya Desa Cipulus, Kabupaten Kuningan," jelasnya.

Namun, jalur itu sebatas dapat dilalui kendaraan kecil atau minibus. Kendaraan besar sendiri dialihkan melalui jalan raya Talaga, Kabupaten Majalengka. Sejauh ini, tandasnya, setidaknya tiga titik longsor telah dibersihkan menggunakan alat berat.
 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar