Yamaha

Inflasi Kota Cirebon Lampaui Jabar, Pemkot Cirebon Siapkan Langkah Ini

  Rabu, 24 April 2019   Erika Lia
Ilustrasi penjualan bawang merah, bawang putih, dan cabai yang sumbang kenaikan inflasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- Tingkat inflasi Kota Cirebon April ini melampaui inflasi Jawa Barat. Komoditas kelompok sayuran dan bumbu, seperti cabai, bawang putih, dan bawang merah menjadi penyumbang terbesar. Inflasi Kota Cirebon April ini diketahui 0,18%, sedangkan inflasi Jabar 0,10%.

Namun begitu, otoritas setempat meyakinkan, kondisi tersebut normal. "Tingkat inflasi Kota Cirebon sejauh ini masih kategori normal," kata Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon sekaligus Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Asep Dedi.

Sekalipun demikian, pihaknya akan melakukan langkah-langkah mengantisipasi inflasi yang tak terkendali menjelang Ramadan ini. Menurutnya, lebaran hampir bersamaan dengan penerimaan siswa didik baru yang berpotensi memicu tingkat inflasi.

Salah satu upaya yang akan dilakukan pihaknya untuk mengendalikan laju inflasi sendiri di antaranya menggelar setidaknya empat kali operasi pasar murah (OPM) selama Ramadan, baik pasar murah komoditas maupun pasar murah Ramadan.

"Institusi lain seperti Bulog dan lainnya akan kami gandeng dalam pasar murah itu," ujarnya.

Selain OPM, pihaknya juga akan menjual paket sembako bersubsidi dan inspeksi mendadak ke pasar untuk memantau harga. Tak kalah penting, lanjutnya, mengintensifkan upata edukasi kepada masyarakat agar bijak berbelanja.

Untuk upaya edukasi ini, pihaknya berencana meminta bantuan ulama melalui jalur ceramah dan pengajian, baik di rumah maupun di masjid. Selain itu melalui pesan layanan masyarakat yang akan gencar dilakukan di media massa.

"Kami juga akan menginventarisir kegiatan bazaar yang digelar sejumlah institusi, baik pemerintah maupun swasta serta komunitas," tuturnya.

Inventarisasi itu, jelasnya, bukan untuk mengatur, apalagi mengintervensi, melainkan guna memudahkan pihak lain yang menggelar bazaar agar lebih terarah dan tepat sasaran. Bazaar yang lebih terarah dan tepat sasaran, dipandang Asep, pada gilirannya bakal berefek pada pengendalian harga.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar