Yamaha NMax

Intip Syarat-syarat Dapatkan Beasiswa ke Jepang

  Senin, 29 April 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi festival budaya Jepang. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Jepang menawarkan beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke berbagai perguruan tinggi di Jepang di tahun akademik 2020.

Konsulat Jenderal Jepang di Medan dalam siaran pers yang diterima Minggu (28/4/2019) mengatakan, pendaftaran untuk program beasiswa tersebut dibagi dalam dua gelombang yakni tahap I mulai 16 April-30 April 2019 (bagi pelamar lulusan tahun 2018 dan tahun sebelumnya) dan tahap II 13-27 Mei 2019 (bagi pelamar lulusan tahun 2019 saja).

Syarat-syarat bagi pelamar adalah sebagai berikut: Warga Negara Indonesia (WNI) lulusan SMA atau sederajat yang lahir 2 April 1995 sampai dengan tanggal 1 April 2003, nilai minimal rata-rata Ujian Nasional 84 untuk program GAKUBU, 80 untuk program KOSEN (hanya terbuka untuk SMA/SMK/MA/MAK Jurusan IPA saja) dan 80 untuk program SENSHU.

Prosedur pendaftaran dan informasi lebih rinci bisa dilihat di situs Kedutaan Besar Jepang. Untuk program GAKUBU di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2020.html. Untuk program KOSEN di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_kosen2020.html. Untuk program SENSHU di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_senshu2020.html.

Sebelum masuk universitas/college, penerima beasiswa akan belajar di sekolah persiapan pada tahun pertama kedatangannya di Jepang. Di sekolah persiapan, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, bahasa Jepang, bahasa Inggris, matematika, ilmu pengetahuan sosial (bagi jurusan IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi jurusan IPA).

Fasilitas yang akan didapat dari beasiswa tersebut di antaranya biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 yen per bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia-Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar serta tanpa ikatan dinas.

Bagi lulusan SMA sederajat yang tertarik dan ingin tahu lebih banyak mengenai program beasiswa tersebut dapat menghubungi Konsulat Jenderal Jepang di Medan melalui nomor telepon (061) 457-5193 atau e-mail: [email protected] 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar