Yamaha NMax

Ini Gemblengan Bagi ASN Indramayu Agar Bahagia

  Senin, 13 Mei 2019   Erika Lia
Bupati Indramayu, Supendi, saat memberi pengarahan bagi 200 ASN di lingkungan Pemkab Indramayu yang mengikuti pelatihan kepemimpinan dan pengembangan kepribadian sejak Senin (13/5/2019) hingga 31 Mei 2019. Total 3.648 ASN Indramayu mengikuti pelatihan ini secara bergilir. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM--Sedikitnya 3.648 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu diajak meraih kebahagiaan melalui pengembangan kepribadian dan pelatihan kepemimpinan. Selama sekitar tiga minggu ribuan ASN digembleng meningkatkan kualitas diri.

Menjadikan Ramadan sebagai momentum, pelatihan kepemimpinan dan pengembangan kepribadian yang digelar Pemkab Indramayu bersama Tim Emotional Spiritual Quetient (ESQ) Leadership Center itu, digelar sejak Senin (13/5/2019) hingga 31 Mei 2019, di Islamic Center Syekh Abdul Manan, Indramayu.

Bupati Indramayu, Supendi menyebut, Ramadan merupakan waktu bagi ASN Indramayu untuk terus meningkatkan kualitas diri. Kualitas diri dipandang penting dalam melaksanakan organisasi pemerintahan agar para ASN memiliki kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosiional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ), secara terintegrasi dan ransendental. 

"Kebahagiaan adalah hal yang senantiasa dicari manusia sepanjang hidupnya. Apapun yang dilakukan seseorang, disadari atau tidak, sesungguhnya selalu bermuara pada bahagia," paparnya.

Untuk meraih kebahagiaan itu, imbuh dia, manusia memiliki modal materiil (fisik), emosional, dan spiritual. Modal fisik (physical capital) berupa potensi sumber daya manusia.

Sementara, modal emosional (emotional capital) berupa rasa kebersamaan dan keterikatan emosi, dan modal spiritual (spiritual capital) berupa kemampuan mengenal diri sejati sebagai makhluk Tuhan. Dia mengatakan, untuk mengelola ketiga modal itu diperlukan tiga jenis kecerdasan, masing-masing intelektual, emosional, dan spiritual.

Pelatihan ESQ training itu sendiri merupakan pengembangan kepribadian sekaligus pelatihan kepemimpinan dengan tujuan membentuk karakter tangguh dan memadukan konsep ketiga kecerdasan.

Pelatihan itu mengarahkan ASN dapat mencapai nilai-nilai dasar tersebut dan membantu membangkitkan kekuatan tersembunyi. Selain itu, mengerahkan seluruh potensi diri untuk kehidupan dan pekerjaan yang lebih produktif, lebih aktif, dan lebih berhasil. 

"Training ini cocok untuk siapa saja, termasuk ASN, yang memiliki kepercayaan atau agama berbeda. Muara dan tujuannya meningkatkan potensi diri dan kemampuan kepempinan yang lebih berhasil," tandasnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembagunan dan Kesejahteraan Rakyat, Maman Kostaman menyatakan, training ESQ untuk saat ini baru dilaksanakan bagi 3.648 ASN di lingkungan Pemkab Indramayu. Setiap hari ASN yang mengikuti pelatihan 200 orang dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Insyaallah, dibuka juga pelatihan untuk masyarakat umum, terutama generasi milenial yang ingin mengembangkan kemampuan pribadinya," ujarnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar