Yamaha NMax

Kapasitas Bagasi Penumpang dan Ketentuan Bumil, Ini Aturan Naik KA

  Kamis, 16 Mei 2019   Erika Lia
Penumpang Kereta Api. (istimewa)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan ketentuan kapasitas bagasi bagi para penumpangnya. Sementara, tak sembarangan ibu hamil (bumil) bisa naik kereta api (KA) lho...

Setiap penumpang KA diikat dengan sejumlah aturan. Para penumpang diimbau menaatinya demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Untuk ketentuan kapasitas bagasi, calon penumpang diminta tak membawa barang melebihi 20 kilogram. Penumpang yang membawa bagasi melebihi ketentuan itu akan dikenakan bea kelebihan bagasi dengan tarif berbeda.

AYO BACA : Wow, 94 Perjalanan KA Lintasi Cirebon Selama Musim Mudik

\"Tarif bagasi KA eksekutif Rp10.000/kg, KA Bisnis Rp6.000/kg, dan KA Ekonomi Rp2.000/kg,\" ungkap Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi, Kamis (16/5/2019).

Tak hanya ketentuan bagasi, dia juga mengingatkan, perjalanan KA bebas asap rokok. Penumpang yang kedapatan merokok, yang bersangkutan akan diturunkan di stasiun pertama KA berhenti.

Penumpang juga diharapkan memperhatikan ketentuan barang-barang yang tidak dapat dibawa di atas KA, seperti bahan yang mudah meledak, narkoba, senjata api/tajam, hewan peliharaan, maupun barang dengan bau menyengat yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain.

AYO BACA : Minggu Ini, Daop 3 Cirebon Kembali Operasikan KA Tambahan

Nah, khusus calon penumpang bumil, hanya yang usia kehamilan 14-28 minggu yang diizinkan naik KA jarak jauh. Untuk bumil di luar masa kandungan itu, harus mengantongi surat keterangan dokter/bidan dan wajib didampingi minimal satu penumpang dewasa.

\"Di luar usia kandungan 14-28 minggu, harus menyertakan surat keterangan dokter/bidan yang menyatakan kondisi ibu dan kandungannya sehat. Selain itu, wajib didampingi minimal satu penumpang dewasa,\" terangnya.

Sementara, untuk memudahkan penumpang, pihaknya menyediakan layanan e-boarding pass sehingga tak perlu mengantre lagi untuk mencetak boarding pass di check-in counter. Layanan itu hanya terdapat pada aplikasi KAI Access.

Penumpang diingatkan pula tak lupa membawa kartu identitas untuk pengecekan saat proses boarding. Tak kalah penting, keselamatan harus diutamakan, termasuk menjaga barang bawaan masing-masing demi perjalanan mudik dan balik yang aman, lancar, dan nyaman.

AYO BACA : 5 Fitur Traveloka Jadikan Mudik Naik Kereta ke Bandung Semakin Mudah


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar