Yamaha NMax

Bawaslu Kabupaten Majalengka Nilai KPU Lakukan Pelanggaran Administratif

  Selasa, 21 Mei 2019   Erika Lia
Logo KPU. (Istimewa)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM—Bawaslu Kabupaten Majalengka diketahui memutuskan KPU setempat melakukan pelanggaran administratif Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Majalengka Agus Asri Sabana menyebutkan, KPU Majalengka terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar tata cara, prosedur, atau mekanisme rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilu. Dua pelanggaran yang dinyatakan dilakukan KPU berupa tertukarnya surat suara dan keterlambatan logistik.

"Kami sudah minta KPU Majalengka melakukan perbaikan administrasi terhadap tata cara, prosedur, atau mekanisme sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ungkapnya.

Pelaporan dugaan pelanggaran administrasi sendiri didasarkan laporan Panwascam Leuwimunding, Panwascam Malausma, Panwascam Bantarujeg, Panwascam Palasah, dan Panwascam Ligung.

Sementara itu, Divisi Hukum KPU Kabupaten Majalengka Sarkan menampik lembaganya melakukan kesalahan administrasi seperti apa yang dilaporkan yakni berupa keterlambatan logistik dan tertundanya surat suara. Dia meyakinkan, KPU tak melakukan kesalahan apapun terkait yang disangkakan.

Menurutnya, keterlambatan logistik dan tertukarnya surat suara murni bukan kesalahan KPU seutuhnya. Kesalahan ada pada pihak penyedia layanan jasa yang terlambat menyampaikan barang kepada KPU Majalengka.

"Pada 16 April 2019, kami baru menerima logistik pukul 23.00 WIB dari penyedia jasa layanan. Setelah itu, kami harus melakukan proses sortir, pelipatan, dan sebagainya, sehingga wajar bila logistik terlambat tiba di PPK dan PPS," bebernya.

Ihwal tertukarnya surat suara, pihaknya menilai, tidak ada kesalahan yang bersifat mengarah pada pelanggaran administratif.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar