Yamaha

Siap-siap Mudik, Ayo Simak Skenario One Way di Tol

  Selasa, 28 Mei 2019   Erika Lia
Ilustrasi. (Attia Dwi Pinasti).

SUMBER, AYOCIREBON.COM--Pemberlakuan one way (satu arah) di jalur tol bagi pemudik diberlakukan pemerintah pada arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Seperti apa skenario sistem satu arah arus mudik 2019? Ayo simak panduan yang dikeluarkan Korlantas Polri ini!

One way diberlakukan untuk kendaraan dari arah Jakarta ke Jawa Tengah, mulai KM 70 Gate Tol (GT) Dawuan hingga KM 263 Brebes Barat.

Guna kepentingan ini, Polri menggunakan istilah Jalur A untuk jalur arah Jakarta-Jateng dan Jalur B untuk jalir arah Jateng-Jakarta.

Rencananya, one way untuk arus mudik mulai berlaku pada 30 Mei 2019 hingga 2 Juni 2019 pukul 08.00 WIB-21.00 WIB.

Mulai pukul 22.00 WIB-06.00 WIB, arus lalu lintas pada tol diberlakukan normal dua arah. Namun begitu, Polri mengingatkan, penerapan dapat berubah sesuai situasi dan kondisi di lapangan.

Saat diberlakukan sistem satu arah, Jalur B diperuntukkan bagi kendaraan kecil dan mobil pengangkut BBM.

Polri pun menyusun sejumlah skenario sistem satu arah arus mudik.

Untuk kendaraan yang akan menuju Jakarta dari arah Semarang, dikeluarkan melalui Exit Tol Brebes Barat melalui pantura menuju Cirebon hingga Karawang. Arus kendaraan di pantura ini kemudian masuk kembali ke tol melalui GT Karawang hingga selanjutnya menuju arah Jakarta.

Kendaraan dari arah Purwokerto menuju Jakarta juga akan diarahkan menuju pantura, untuk selanjutnya menuju Cirebon dan Jakarta.

Sementara, kendaraan yang akan menuju Purwokerto dan seterusnya, tidak perlu keluar tol di Pejagan. Pengendara dapat keluar di Tol Pemalang lalu ke selatan hingga Purwokerto.

Bagi pemudik yang hendak beristirahat di rest area, Anda yang berkendara di Jalur A (arah Jakarta-Jateng) dapat masuk maupun keluar seperti biasa atau kondisi normal.

Lain halnya untuk pemudik yang berkendara di Jalur B (arah Jateng-Jakarta) dan hendak masuk maupun keluar rest area. Pengguna Jalur B dapat masuk ke rest area melalui pintu keluar dan dapat melanjutkan kembali perjalanan atau keluar rest area melalui pintu masuk.

Pada 30 Mei 2019, kepolisian mulai membatasi operasi kendaraan tertentu, masing-masing mobip barang bersumbu tiga atau lebih dan mobil barang dengan kereta tempelan dan kereta gandengan.

Pembatasan kendaraan jenis ini mulai berlaku pukul 00.00 WIB dan berakhir pada 2 Juni 2019 pukul 24.00 WIB.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar