bank bjb
  
Yamaha

Upacara Hari Lahir Pancasila di Cirebon, 'Disusupi' PNS Daerah Lain

  Sabtu, 01 Juni 2019   Erika Lia
Upacara Hari Lahir Pancasila di Cirebon, 'Disusupi' PNS Daerah Lain
Para PNS di lingkungan Pemkab Cirebon, ditambah PNS dari daerah lain yang telah mudik ke Cirebon, mengikuti upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Cirebon, Sumber, Kabupaten Cirebon, Sabtu (1/6/2019). (Erika Lia/ayocirebon.com)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila di Cirebon 'disusupi' sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari daerah lain, pada Sabtu (1/6/2019). Bagaimana tidak, pelaksanaan upacara bendera yang wajib diikuti para PNS itu berlangsung pada akhir pekan jelang cuti bersama Lebaran 2019 yang mulai berlaku Senin (3/6/2019) nanti.

Mengingat telah memasuki masa libur, sebagian PNS pun rupanya telah mudik ke kampung halamannya masing-masing, termasuk ke Cirebon. Sementara, peringatan Hari Lahir Pancasila dengan upacara bendera sendiri telah diwajibkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bagi seluruh pemerintah daerah (pemda) se-Indonesia.

Kewajiban itu dituangkan Kemendagri melalui Surat Edaran Nomor 850/4345/SJ Tentang Pelaksanaan Cuti Bersama Berkaitan dengan Hari Raya Idulfitri 1440 H dan Upacara Peringatan Hari Besar Nasional Bagi PNS di Lingkungan Pemda.

Pada salah satu butirnya, Kemendagri mewajibkan PNS mengikuti upacara bendera Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2019, dalam rangka penegakan disiplin. Kewajiban itu rupanya berlaku tanpa ikatan ruang. Dengan kata lain, di mana pun PNS berada, yang bersangkutan tetap harus mengikuti upacara tersebut.

Di Kabupaten Cirebon misalnya, pelaksanaan upacara bendera yang dilakukan di halaman depan Kantor Bupati Cirebon, Sumber. Diketahui, di antara peserta upacara yang dipimpin Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, itu terdapat pegawai kementerian.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan, pegawai kementerian dimaksud merupakan pegawai yang telah mudik. "Itu pegawai yang sudah mudik, tapi tetap harus ikut upacara di daerah tempat dia mudik," jelasnya seusai upacara.

Tak hanya itu, pasca upacara, sejumlah PNS pun tampak berswafoto. Iwan mengatakan, swafoto dilakukan beberapa PNS sebagai bukti yang bersangkutan telah menunaikan kewajibannya mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila.

"Kemudian dibagikan di media sosial masing-masing sebagai bukti sudah ikut upacara meski sudah masuk masa libur," cetusnya.

'Penyusupan' PNS dari daerah lain dan fenomena swafoto juga diketahui terjadi di Kota Cirebon. Sejumlah PNS dari daerah lain mengikuti upacara bendera yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon yang dipusatkan di Lapangan Alun-alun Kejaksan.

"Saya pegawai di Jakarta, sebagai guru di SMK 30. Kebetulan sedang mudik di Cirebon, jadi ikut upacara bendera di sini," ungkap seorang peserta upacara dari daerah lain, Entin Supriyatin.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar