bank bjb
  

Hati-hati PJU Mati dan Jalan Bergelombang di Pantura Cirebon

  Kamis, 06 Juni 2019   Erika Lia
Hati-hati PJU Mati dan Jalan Bergelombang di Pantura Cirebon
Salah satu titik PJU mati di jalur arteri pantura Cirebon, tepatnya depan Pasar Pasalaran, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Pemudik yang melalui jalur ini harus hati-hati. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

WERU, AYOCIREBON.COM—Pemudik yang melalui jalur arteri pantura Cirebon harus mewaspadai kurangnya penerangan jalan hingga jalan rusak.

Penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik jalur pantura Kabupaten Cirebon diketahui mati. Setidaknya, PJU yang berada di sepanjang jalur Kedawung-Palimanan, hanya sebagian yang menyala. Lebih dari 25 unit PJU sepanjang jalur Kedawung-Palimanan mati.

Kondisi itu membuat penerangan jalan di sekitarnya menjadi tak optimal. Para pemudik, khususnya pengendara sepeda motor, harus berhati-hati saat melintas.

AYO BACA : Waspadai Keramaian Lalu Lintas di Pasar Ciborelang Majalengka

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon Abraham tak menampik ihwal matinya PJU di sejumlah titik. PJU yang mati dijelaskannya menjadi kewenangan pusat karena berada di jalan nasional.

"Itu kewenangan pemerintah pusat," katanya.

Dia meyakinkan, telah melaporkan kondisi itu sebelum Ramadan karena dinilai berpotensi membahayakan bagi pengendara yang melintas. Namun, sampai kini laporannya tak direspons.

AYO BACA : Fokus Petugas Pengamanan di Hari Kedua Idulfitri

Di sisi lain, dia menjamin, PJU di jalan-jalan kabupaten sendiri berfungsi baik. Lebih jauh, pihaknya mengimbau pengemudi berhati-hati.

"(PJU) di jalan kabupaten aman (menyala)," tegasnya.

Selain PJU yang mati, pemudik juga harus mewaspadai jalan bergelombang di sepanjang jalur pantura yang sama. Permukaan jalan yang tak merata akibat tambalan membuat jalan menjadi bergelombang.

Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi tak disarankan ketika melalui jalan-jalan semacam ini. Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, papan-papan peringatan jalan bergelombang telah ditempatkan di sejumlah titik.

AYO BACA : Masa Mudik dan Balik Lebaran, Pengemudi Ojol Lebih Sering Isi BBM


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar