Yamaha NMax

Kurang Air, Kekeringan Landa Tanaman Padi di Indramayu

  Selasa, 11 Juni 2019   Erika Lia
Ilustrasi. (pixabay.com)

INDRAMAYU,AYOCIREBON.COM--Realisasi gilir air untuk tanaman padi di Kabupaten Indramayu dianggap inkonsitensi. Kekeringan pun landa lahan di Kabupaten Indramayu.

Kekeringan tanaman padi diketahui dialami para petani di Kecamatan Kandanghaur dan Losarang. Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Kandanghaur, Waryono mengklaim, ratusan hektar lahan di sejumlah desa di kecamatan itu terancam gagal panen.

"Tanah sudah kering dan tanaman padi jadi layu," ungkapnya.

Kondisi semacam itu setidaknya dialami petani di empat desa, masing-masing Desa Karanganyar dengan kekeringan yang melanda sekitar 300 hektar, Desa Karangmulya sekitar 261 hektar, Desa Wirapanjunan 225 hektar, dan Desa Wirakanan 100 hektar.

Dia menyebutkan, kekeringan sudah dialami petani sejak Mei 2019. Kondisi itu diakibatkan tanaman padi kekurangan air.

Padahal, imbuhnya, instansi terkait telah membuat jadwal gilir giring air sejak Mei lalu. Sayang, hingga kini air belum sampai ke Kecamatan Kandanghaur.

"Setetes air pun tidak pernah sampai, padahal seharusnya giliran di sini," katanya.

Menurutnya, inkonsitensi gilir air terjadi akibat pengawasan yang kurang dalam realisasi gilir giring air itu. Spekulasi itu muncul setelah ditemukan balok-balok penahan air di sejumlah titik lokasi yang menyumbat aliran air hingga tak berjalan sebagaimana mestinya.

Sejauh ini, persoalan itu telah beroleh respon dari otoritas terkait, seperti Dinas PSDA Indramayu dan BBWS Cimanuk Cisanggarung. Sebagaimana tindaklanjut, terangnya, telah diputuskan air akan dialirkan selama sepuluh hari untuk Kecamatan Losarang dan Kandanghaur.

Hanya, dia memperkirakan, aliran itu hanya bisa menyelamatkan kekeringan di Kecamatan Losarang dan sebagian kecil wilayah Kecamatan Kandanghaur. Bila kemudian air tak lagi mengalir, dia meyakinkan akan ada aksi protes.

"Kami tunggu sampai Rabu. Kalau air tak sampai Kecamatan Kandanghaur, rencananya ada yang mau demo," ucapnya seraya menambahkan, dirinya pribadi lebih menghendaki audensi dengan kehadiran bupati.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar